Jangan Lanjutkan Hubungan Jika Menemukan 5 Perilaku Manipulatif Saat PDKT Berikut Ini, Bahaya!

Sabtu 09-03-2024,16:00 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

Masa pendekatan yang sehat selalu diisi dengan komunikasi yang baik, terlebih ketika ada masalahn. Ini menjadi berbanding terbalik dengan situasi pendekatan yang kamu jalin dengan orang yang terindikasi memiliki perilaku manipulatif saat PDKT, di mana mereka justru akan melakukan penghindaran komunikasi atau silent treatment saat ada konflik di antara kalian.

Padahal, dalam kebanyakan kasus, menggunakan silent treatment bukanlah cara yang produktif untuk menyelesaikan sebuah masalah. Silent treatment juga bisa membuat frustasi salah satu pihak yang sengaja didiamkan.

Suatu penelitian bahkan mengungkapkan bahwa silent treatment bisanya ditujukan untuk menghukum pasangan atau mengontrol mereka.

Menunjukkan perilaku gaslighting

Bentuk perilaku manipulatif saat PDKT yang juga rawan menjadi praktik emotional abuse adalah kebiasaan gaslighting atau perilaku pelaku yang membuat korban mempertanyakan realitas, bahkan diri mereka sendiri.

Contoh paling umum dari perilaku manipulatif saat PDKT ini adalah bersembunyi dari masalah dengan mengatakan bahwa kesalahan itu tidak pernah terjadi. Atau bahkan pelaku memutarbalikkan fakta untuk membuat korban kebingungan tentang siapa yang sebenarnya salah dalam permasalahan yang dihadapi.

Jika kamu mendapati pasangan kencanmu tidak memvalidasi perasaanmu seperti mengatakan bahwa kamu terlalu sensitif saat bercerita bahwa kamu sedih dan kecewa, maka ini juga merupakan salah satu pertanda bahwa pasanganmu memiliki perilaku manipulatif saat PDKT berupa gaslighting.

BACA JUGA Tak Hanya Hancurkan Hubungan, Ini 6 Bahaya Red Flag Bagi Kehidupanmu Secara Menyeluruh

Lari dari tanggung jawab

Hal terakhir yang menjadi bagian dari perilaku manipulatif saat PDKT yang akan dibahas dalam artikel ini adalah kecenderungan seseorang untuk menghindari tanggung jawab. 

Orang yang manipulatif menyadari bahwa mereka bersalah, tetapi tidak mau mengakui kesalahan atas tindakan yang mereka berbuat. Mereka bahkan tidak tahu bagaimana caranya bertanggung jawab dan justru bertindak sebagai korban atau play victim card.

Itulah beberapa contoh perilaku manipulatif saat PDKT. Pastikan kamu memikirkan ulang berkali-kali jika ingin melanjutkan hubungan dengan orang yang terindikasi memiliki perilaku di atas, ya!

**AN

Kategori :