Latih Karakter Siswa melalui Perkajum

Selasa 24-12-2019,17:30 WIB

*MI Salafiyah Ngalian

KEMAH - Para pramuka penggalang MI Salafiyah Ngalian Tirto saat mengikuti perkemahan.

TIRTO - Sebagai salah satu pelaksanaan proram kerja ekstrakurikuler pramuka, para siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Ngalian Kecamatan Tirto menggelar kegiatan Perkemahan Kamis Jumat atau yang dikenal dengan sebutan Perkajum. Kegiatan dilaksanakan pada 19 hingga 20 Desember 2019 lalu dengan diiuki oleh para pramuka penggalang Gugus Depan (Gudep) MI Salafiyah Ngalian.

Kepala MI Salafiyah Ngalian, Elli Maryana MPd menuturkan, kegiatan tersebut menjadi kegiatan dalam rangka mengisi kegiatan jeda semester usai para siswanya melaksanakan Penilaian Akhir Semester Gasal. "Alhamdulillah ini salah satu program kerja dari ekstrakurikuler pramuka, pesertanya ada 87 anak dari kelas V dan kelas VI MI Salafiyah Ngalian," ujar dia.

Perkajum dilaksankana di lingkungan MI Salafiyah Ngalian dengan didampingi oleh guru pendamping serta para pembina. "Dengan kegiatan ini harapannya dapat membentuk karakter siswa, terutama tentang kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab sesuai dengan nilai-nilai Dasadarma Pramuka," jelas Elli.

Selain itu, dalam praktiknya kegiatan pramuka juga melatih kekompakan serta kerja sama kelompok untuk dapat mencapai tujuan bersama. "Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kerja sama, kekompakan dan kebersamaan, mempererat persahabatan anak-anak juga," imbuh dia.

Jenis kegiatan yang dilaksnakan antara lain games atau permainan, penjelajahan, Peraturan Baris Berbaris (PBB), penyalaan api unggun, senam bersama, serta kegiatan bakti sosial. "Alhamdulillah anak-anak sangat antusias karena kegiatan Perjakum ini ini sangat menarik dan menyenangkan," pungkasnya. (yak)

Tags :
Kategori :

Terkait