Lawan Covid-19, Kagama Batang Bagikan 1.000 Masker

Senin 13-04-2020,15:50 WIB

SERAHKAN - Perwakilan Kagama UGM Batang saat menyerahkan bantuan masker kepada masyarakat sekitar di Kecamatan Batang.

BATANG - Meski baru terbentuk akhir 2019, Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Kabupaten Batang menggelar aksi sosial mencegah penyebaran Covid-19. Dalam aksi sosial kali ini, Kagama membagikan 1.000 masker ke masyarakat di Kecamatan Batang, Minggu (12/4/2020).

Aksi sosial tersebut merupakan hasil donasi dari alumni UGM lintas angkatan yang berada di Batang. Pembagian masker dilakukan di beberapa titik yang ada di Kecamatan Batang, seperti sekitar Alun-alun Batang, Pasar Batang, Panti Asuhan Umar bin Khatab Cepoko Kuning, dan lainnya.

"Pembagian masker ini dalam rangka wujud solidaritas dan bakti kami sebagai alumni UGM yang ada di Batang. Kami berharap bantuan kami bisa membantu masyarakat dan pemerintah dalam melawan pandemi Covid-19," ujar Sekretaris Kagama Batang, Aji Prasetio, di sela-sela pembagian masker.

Selain itu, Kagama Batang juga menyumbangkan masker untuk Puskesmas-puskesmas di area Kecamatan Batang dan disalurkan melalui PMI Cabang Batang. Masker ini merupakan hasil kerja sama Kagama Batang dengan pelaku usaha kecil di Kabupaten Batang.

Selain pembagian masker gratis, Kagama Batang juga melaksanakan kegiatan kampanye hidup sehat dengan penyebaran pamflet cara mencuci tangan secara benar. Selanjutnya disampaikan, untuk mencegah penularan dan meningkatkan ketahanan tubuh, Kagama Batang mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan, dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

"Kami imbau masyarakat untuk sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau membasuh tangan dengan cairan pembersih tangan (Hand Sanitizer). Serta mengonsumsi makanan sehat, melakukan olah raga ringan secara teratur, meminimalkan kegiatan di luar rumah yang berpotensi membentuk kerumunan lebih dari 5 orang, serta menjaga jarak apabila bertemu/berbincang dengan orang lain

dan memakai masker," imbuh Aji.

Meski baru menggelar kegiatan sosial, Kagama Batang berharap ke depannya ada kegiatan rutin yang akan dilakukan. Khususnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Batang. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait