Lestarikan Musik Keroncong, Dindikbud Gelar Lomba

Kamis 22-08-2019,20:27 WIB

KAJEN - Sebagai bentuk melestarikan seni tradisional lokal milik bangsa, Dindikbud Kabupaten Pekalongan menggelar lomba menyanyikan keroncong untuk remaja dan dewasa di halaman kantor Kesenian Kabupaten Pekalongan. Kegiatan lomba tersebut masih merupakan rangkaian acara HUT RI ke-74 dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-397.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Sumarwati melalui Kasi Seni dan Musik, Syafri Dwiyanto menerangkan bahwa tujuan diadakan lomba keroncong ini sebagai bentuk melestarikan dan mengembangkan keroncong kepada generasi penerus khususnya generasi muda.

"Saya mengajak kepada generasi muda agar bisa mencintai kesenian kita sendiri, tidak melulu ikut yang kebarat-baratan atau negara lain yang mungkin itu tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia yaitu Pancasila," ujar Syafri.

Kesenian keroncong itu seperti yang kita ketahui merupakan peninggalan nenek moyang kita, seni tradisi lokal milik bangsa indonesia dan ada penanaman nasionalismenya. Karena pada tahun 1960 an waktu jaman jepan masih ada di Indonesia para leluhur kita salah satunya Alm. Gesang dan Ibu Waljinah yang merupakan maestro keroncong kita tiap tahunnya biasa dipanggil jepang untuk tampil dalam rangka ulang tahun perdana menteri jepang.

"Kegiatan lomba keroncong seperti ini diharapkan bisa melestarikan dan mengembangkan keroncong itu sendiri agar tidak punah," terannya.

Dalam lomba keroncong ini untuk kategori Remaja Putri ada 15 peserta dan Remaja Putra ada 8 Peserta, sedangkan kategori Dewasa Putri ada 9 peserta dan Dewasa Putra ada 12 Peserta.

Untuk pemenang Remaja Putri juara 1 diraih oleh Siti Chumaeratul RF dari SMAN 1 Kajen, juara 2 oleh Nur Nilam Sari dari SMAN 1 Kajen dan juara 3 oleh Anisa Rostavia dari SMP Muhammadiyah Wiradesa. Sedangkan untuk pemenang Remaja Putra juara 1 diraih oleh Slamet Rohansyah dari SMAN 1 kajen, juara 2 oleh S. Nurdiansyah dari SMAN 1 Kesesi dan juara 3 oleh Raken Galih M dari SMAN 1 Doro.

Pemenang kategori Dewasa Putri juara 1 diraih oleh Siti Umi Hani dari Korwil Karanganyar, juara 2 oleh Purna P dari Kajen dan juara 3 oleh Nur Dwi Lestari dari PTSP dan Naker. Pemenang kategori Dewasa Putra juara 1 diraih oleh Djatmiko dari Kedungwuni, juara 2 oleh Wiyanto dari SMAN 1 Kajen dan juara 3 oleh Imam Dasuki dari Korwil Wonopringgo.

Masing-masing peserta yang menjadi juara akan mendapatkan Trophy, Piagam dan Uang Pembinaan, juara 1 sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 sebesar Rp 1 juta dan juara 3 sebesar Rp 750 ribu. Dari lomba ini, nantinya pada tahun 2020 ada informasi terkait lomba keroncong remaja Tingkat Provinsi. Diharapkan Kabupaten Pekalongan bisa berpartisipasi dalam lomba keroncong tersebut. (rir)

Tags :
Kategori :

Terkait