Listrik di Pegunungan Byar Pet

Jumat 03-01-2020,15:50 WIB

**Akibat Pohon Tumbang

POHON TUMBANG - Pohon tumbang di jalur Karanganyar - Lebakbarang, tepatnya di Desa Bantarbolang, Kecamatan Lebakbarang, dan menimpa jaringan listrik. Petugas PLN pun bertindak cepat hingga listrik kembali nyala di wilayah atas tersebut.

LEBAKBARANG - Selama musim hujan, aliran listrik PLN di daerah pegunungan sering byar pet. Hal ini diakibatkan pohon tumbang yang menimpa kabel listrik PLN. Pasalnya, jaringan listrik PLN menuju area pegunungan ini melintasi hutan atau area perkebunan yang rawan pohon tumbang saat hujan disertai angin turun.

Andi (42), warga Desa/Kecamatan Lebakbarang, Kamis (2/1), mengakui, saat musim hujan aliran listrik di wilayah atas rawan padam. Hal ini disebabkan pohon bertumbangan dan menimpa jaringan PLN.

"Dalam sepekan ini sudah dua kali padam akibat jaringan listrik terkena pohon roboh," terang dia.

Dikatakan, petugas PLN sudah sigap melakukan penanganan jika aliran listrik di daerah atas padam. "Jika ada listrik mati, petugas PLN langsung bertindak. Nyala kembalinya tergantung tingkat kerusakan yang ada. Yang terbaru kemarin sempat padam selama 10 jam," tutur dia.

Hal senada diutarakan Kades Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Agus Susilo. Ia mengatakan, saat musim hujan aliran listrik di desanya kerap padam akibat pohon roboh menimpa jaringan listrik PLN. "Dalam sepekan ini sudah dua kali listrik padam. Pemadaman ini bisa ditangani dengan cepat juga. Satu-dua jam sudah nyala lagi," kata dia. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait