Bagaimana Cara Merawat Baterai Motor Listrik Agar Awet dan Tahan Lama? Simak, Ulasannya Disini!

Rabu 10-04-2024,07:30 WIB
Reporter : Nadia Rahmasari
Editor : Dony Widyo

Cara kedua merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama adalah menjaga baterai dengan suhu yang tepat. Baterai motor listrik akan lebih cepat habis energinya seiring dengan semakin dinginnya cuaca. 

Hal inilah yang akan memperpendek umur baterai. Demikian pula, jika menyimpan baterai pada suhu tinggi pun akan mengakibatkan kerusakan. Oleh sebab itu, baterai perlu disimpan di lingkungan dengan suhu tertingginya 35 derajat celcius.

3. Lakukan Pengisian Rutin

Cara ketiga merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama adalah dengan melakukan pengisian secara rutin. Pastikan untuk selalu mengisi ulang baterai setiap kali dibutuhkan, khususnya setelah dipakai untuk perjalanan yang panjang atau intensif. 

Pengisian rutin bisa membantu menjaga keseimbangan tegangan sel-sel baterai dan memperpanjang umur guna baterai secara keseluruhan. Jangan biarkan baterai duduk kosong dalam waktu yang lama, karena ini bisa mengakibatkan degradasi kapasitas baterai.

BACA JUGA:3 HP Storage 256 GB Harga Satu Jutaan! Masih Bisa Diperluas dengan Slot MicroSD, Kok Bisa Semurah Ini?

BACA JUGA:Dilindungi Harimau, 3 Weton yang Dijaga Khodam Raden Kian Santang ini Hidupnya Penuh Kemakmuran

4. Periksa dan Bersihkan Terminal Secara Teratur

Cara keempat merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama adalah memeriksa dan membersihkan terminal secara teratur. Terminal baterai yang kotor atau berkarat bisa mengganggu aliran listrik dan mengakibatkan masalah pada baterai motor listrik. 

Pastikan untuk memeriksa terminal baterai secara teratur dan membersihkannya dengan sikat berbulu halus atau kain bersih yang dibasahi dengan larutan air dan baking soda apabila dibutuhkan. 

5. Gunakan Baterai Secara Teratur

Cara pertama merawat baterai motor listrik agar awet dan tahan lama adalah dengan menggunakan baterai secara teratur. Hindari menyimpan baterai dalam keadaan terisi penuh atau kosong dalam waktu yang lama tanpa dipakai , karena hal ini bisa mengurangi kapasitas dan umur guna baterai. 

Selain itu, pastikan untuk memakai motor listrik secara teratur untuk menjaga sirkulasi dan kondisi baterai.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Kulit Kusam, Bantu Memutihkan Noda Hitam Jadi Rahasia Kulit Glowing Permanen

BACA JUGA:2 Cara Memutihkan Wajah Pakai Minyak Zaitun yang Benar, Sekali Pakai Bikin Wajah Lebih Cerah dan Kenyal

6. Ikuti Panduan dan Petunjuk Pabrikan

Kategori :