Mahasiswa Serukan Stop Eksploitasi Hutan!!

Rabu 25-09-2019,10:02 WIB

AKSI PEDULI - Mahasiswa PMII Rayon Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menggelar aksi solidaritas sosial kabut asap Riau di Tugu 0 KM. Foto: Ist.

KAJEN - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan menggelar aksi solidaritas sosial mengenai eksploitasi tanah dan kebakaran hutan yang terjadi di Riau di Tugu 0 KM, Kota Kajen, Kabupaten Pekalongan, Senin (23/9).

Aksi ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Para aktivis ini membentangkan sejumlah poster, di antaranya bertuliskan 'PMII Indonesia Warga Riau', 'Darurat Asap Riau', dan 'Ibu Pertiwi Menangis, Stop Eksploitasi Hutan!'.

Pada aksi tersebut, para mahasiswa menggiring isu tentang dampak kebakaran hutan bagi kelangsungan hidup masyarakat Riau dan sekitarnya.

Dalam orasinya, Rifki Maulana meneriakan tentang rasa simpati dan keprihatinannnya atas bencana asap Riau. Massa pun melantunkan lagu-lagu tentang keindahan ibu pertiwi, seraya mengajak masyarakat agar ikut merasakan kesedihan dan keprihatinan warga Indonesia yang berada di Riau.

Sementara itu, koordinator lapangan aksi itu, Abu Khamid Khafifi mengatakan, aksi ini muncul karena melihat pemerintah yang acuh akan peristiwa dan belum ada penanganan yang efektif, dengan segenap jiwa dan raga atas kesadaran yang hakiki. Oleh karena itu, Rayon Ekonomi dan Bisnis Islam dalam kajiannya sepakat untuk menggelar aksi itu.

Tidak hanya meneriakan tentang rasa kepedulian, para mahasiswa juga melakukan penggalangan dana yang tersebar di empat titik lampu merah sekitar 0 KM. Hasil penggalangan dana sejumlah Rp 2.111.600 ini nantinya akan didonasikan untuk warga yang terkena dampak asap kebakaran hutan Riau. (ap5)

Tags :
Kategori :

Terkait