Maksimalkan Peran Kampung KB

Jumat 07-02-2020,12:30 WIB

KUNJUNGI - Bupati Wihaji didampingi istri saat mengunjungi Kampung KB Sodong, beberapa waktu lalu.

BATANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Tahun 2020 ini tengah fokus memaksimalkan program Kampung KB. Harapannya, tahun ini Kampung KB di Batang dapat meniru Kampung KB Sodong yang sudah menjadi percontohan di Batang.

Hal ini seperti disampaikan Kepala DP3AP2KB Batang, dr Mukhlasin, Rabu (5/2). Ia berharap, kampung KB di Batang tidak sekadar formalitas belaka, tetapi bisa menjalankan kegiatannya dan juga memiliki bank data terkait demografi penduduk.

"Sudah ada 35 Kampung KB yang diresmikan Pemkab. Tahun ini, kami lebih fokus ke pemantapan peran kampung KB. Karena seperti kita tahu belum semuanya maksimal. Oleh karenanya kami harap ke depan bisa lebih aktif lagi kegiatannya. Dan bisa mengupdate bank data terkait demografi penduduk," terang Mukhlasin.

Dijelaskan, data tersebut nantinya bisa digunakan pemkab untuk menyusun program kerja ke depan. Khususnya terkait penyiapan tenaga kerja, kesehatan dan pendidikan masyarakat dan kepentingan lainnya.

Ia juga berharap program-program Kampung KB seperti Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan program lainnya tetap berjalan aktif.

"Kampung KB percontohan harus aktif, jangan sampai nganggur, tapi terus aktif melaksnakan melaksnakan untuk medukung dan meningkatkan keluarga yang berkualitas dan meningkatakan kesejahteraan masyarakat," jelasnya (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait