Panen Kebun Pikatu Jenggot Kota Pekalongan, Bentuk Optimalisasi Lahan Pekarangan

Jumat 03-05-2024,19:10 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Dalam upaya pemenuhan gizi keluarga, masyarakat bisa  memanfaatkan lahan pekarangan atau kebun yang ada di lingkungan sekitar, menjadi lebih berguna. Salah satunya yang tengah dilakukan masyarakat di Kelurahan Jenggot, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan.

Lewat kebun Pinggir Kali Setu (Pikatu) yang terletak di Lapangan Jenggot tersebut, kini keberadaannya mendapatkan apresiasi dari Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya saat panen bersama hasil kebun tersebut, Kamis (2/5/2024).

BACA JUGA:Ini Dia Kebiasaan Sehat untuk Usia 50 Tahun, Bikin Tubuh Tetap Sehat Walaupun Sudah Lansia

“Alhamdulillah saya ikut memanen di kebun Pikatu senang sekali dan juga mengapresiasi pihak yang terlibat dalam pengelolaan kebun ini seperti kader PKK, kader posyandu, kelompok tani wanita dan karang taruna. Hasil kebunnya sangat beragam seperti cabai, tomat, terong, kacang panjang, luar biasa semuanya segar dan bagus,” ungkap Inggit.

BACA JUGA:Rangkaian Perawatan Alami untuk Flek Hitam, Rahasia Wajah Glowing Cuma Pakai 3 Bahan Mudah dan Murah Ini!

BACA JUGA:80 Siswa SMK Muhammadiyah Bligo Ikuti Safety Riding, Budayakan Perilaku Keselamatan Berkendara

Dalam kebun Pikatu tersebut, nampak aneka ragam hasil pangan yang subur tertanam disana. 

Melihat hal tersebut, Inggit pun berharap hal ini dapat dijadikan inspirasi kelurahan lain untuk mendorong gerakan menanam buah atau sayuran di pekarangan atau kebun sehingga bisa menambah keanekaragaman pangan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Sambut Hari Pendidikan Nasional, BPI Gelar Workshop Sinergitas Sekolah dan Masyarakat

BACA JUGA:Blibli: E-commerce Raksasa yang Menguasai Pasar Indonesia

Lebih lanjut, pihaknya juga menambahkan bahwa bahan pangan yang berasal dari kebun yang dikelola mandiri lebih terjamin keamanan dan mutunya sebab bebas dari pestisida dan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh. (**)

 

Kategori :