Marching Band Akpol dan Pembentangan Bendera Merah Putih Sepanjang 1001 Meter Akan Meriahkan Pawai Pajang Jima

Jumat 28-10-2022,05:32 WIB

KOTA PEKALONGAN - Pawai Pajang Jimat yang merupakan rangkaian Peringatan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M yang digelar Kanzus Sholawat Kota Pekalongan pada Sabtu (29/10/2022), akan terasa lebih istimewa dari sebelum-sebelumnya.

Pasalnya, kegiatan ini akan dimeriahkan dengan penampilan Marching Band Korps Cendrawasih Akademi Kepolisian (Akpol). Selain itu, akan ada pula pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 1.001 meter.

Hal ini disampaikan Ketua I Panitia Maulid Akbar Kanzus Sholawat, H Sri Sumardi, pada rapat pleno akhir di Gedung Kanzus Sholawat, Kamis (27/10/2022) malam.

"Pawai Pajang Jimat kali ini alhamdulillah drumband Korps Cendrawasih Akpol bisa hadir ikut memeriahkan. Selain itu ada kabar gembira lagi, ada kegiatan tambahan lagi, yakni membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1001 meter, lebar 1 meter," katanya.

Selain penampilan Marching Band Akpol dan pembentangan Bendera Merah Putih 1.001 meter, Pawai Pajang Jimat ini akan diramaikan dengan iring-iringan kendaraan taktis (rantis) milik Brimob. Ada pula mobil AWC dari Polres Pekalongan Kota, serta kendaraan milik Basarnas.

"Di belakang pembentangan bendera, akan ada 25 kontingen yang akan ikut meramaikan Pawai Pajang Jimat," imbuh Sri Sumardi.

Pawai Pajang Jimat ini akan dimulai sekitar pukul 13.30 WIB. Start dari Stadion Hoegeng, lalu ke Jl Kemakmuran - Jl Imam Bonjol - Jl Pemuda - Jl Hayamwuruk - Jl Dr Cipto - dan finish di depan Gedung Kanzus Sholawat di Jl Dr Wahidin. "Untuk panggung kehormatan berada di depan Hotel Nirwana," bebernya.

Beberapa kegiatan pra acara maulid, diantaranya Nikah Maulid. Nikah Maulid ini dijadwalkan akan digelar pada Jumat (28/10/2022), bertempat di Gedung Kanzus Sholawat, mulai pukul 08.00 WIB.

Puncak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 yang akan digelar Rais Aam Ahlith Thariqah Al Mutabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di Kanzus Sholawat, Jl Dr Wahidin, Kota Pekalongan, pada hari Ahad, 30 Oktober 2022. Siangnya, mulai pukul 13.30 WIB digelar Kirab Merah Putih, dengan titik start di Masin, Warungasem, Kabupaten Batang dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan. Malam harinya dilanjutkan pembacaan Rotibul Kubro di Makam Habib Hasyim bin Yahya di Sapuro Kota Pekalongan. Selain itu ada Silaturahmi Mursyidin JATMAN di Ponpes Tarbiatul Mubtadiin Wa Raudlatussholihin di Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan.

Lalu, pada Sabtu (29/10/2022), pukul 07.00-09.00 WIB akan dilaksanakan Apel Merah Putih dan Ikrar NKRI di Lapangan Mataram. Pukul 08.00-12.00 WIB akan digelar Silaturahmi Nasional Ulama-Umaro bersama TNI-Polri di Gedung HA Djunaid Convention Center. Siangnya, mulai pukul 13.30 hingga 17.00 digelar Pawai Pajang Jimat. Sorenya, digelar Dalailul Khoirot dan khamatan Al Quran di Makam Habib Hasyim bin Yahya di Sapuro. Kemudian malamnya, mulai pukul 20.00 WIB digelar hiburan musik sammae/gambus di Gedung Kanzus Sholawat.

Puncak acara peringatan Maulid digelar pada Ahad (30/10/2022) berupa pembacaan Maulid Simtuddurror di Gedung Kanzus Sholawat, Jl Dr Wahidin, Kota Pekalongan. Sebagaimana yang sudah-sudah, acara ini dihadiri oleh ribuan orang jemaah dari berbagai daerah. Hadir pula tamu-tamu undangan dari dalam maupun luar negeri, Pejabat Tinggi Negara, petinggi TNI/Polri, serta pejabat daerah. (way)

Tags :
Kategori :

Terkait