Masa Pandemi, Pilketos Online

Kamis 06-08-2020,13:00 WIB

*SMAN 1 Kedungwuni

KEDUNGWUNI - Meski dalam masa pandemi, SMAN 1 Kedungwuni (SMANDUNG) tetap melakukan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) sebagai upaya reorganisasi agar tetap berjalan dan program-program OSIS juga terlaksana dengan baik.

Demikian disampaikan pendamping kegiatan Pilketos SMANDUNG Dra Siti Istikharoh MSi kepada Radar Pekalongan, Rabu (5/8/2020). Mensiasati hal tersebut, pilketos pada masa pandemi dilaksanakan via online dan diikuti oleh seluruh siswa dan guru tanpa terkecuali.

Keberjalanan roda organisasi sangat penting, meskipun para siswa saat ini belajar menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), namun program OSIS yang berkaitan dengan kesiswaan akan tetap berjalan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Meski tidak bertatap muka, antusiasme siswa dalam melakukan Pilketos via online ini cukup baik, sehingga prosesi bisa berjalan lancar dan Lembar Pertanggung Jawaban OSIS pada periode sebelumnya (2019/2020) bisa diterima.

"Sistemnya menggunakan polling mengirimkan link dengan office 365, nanti siswa yang tidak memiliki smartphone juga bisa meminjam teman dan masuk menggunakan NIS masing-masing," ungkap Isti.

Pelaksanaan Pilketos melalui online ini salah upaya sekolah untuk mematuhi protokol kesehatan, dengan online tentunya menghindari adanya kerumunan.

"Kalau tidak online di sekolah kami sangat berbahaya, karena ada sekitar 1000 lebih siswa, tidak bisa membayangkan kalau hadir semua," imbuhnya.

Pihaknya berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan praktek demokrasi secara virtual, membudayakan regenerasi dari pengurus osis lama ke osis baru walaupun di masa pandemi covid, melaksanakan program MPK masa bakti 2019/2020 serta mampu menumbuhkan sikap kepemimpinan Osis generasi baru. (mal)

Tags :
Kategori :

Terkait