Bersama Wapres dan Menteri Agama, Kakanwil Kumham Jateng Cek Makkah Route di Bandara Adi Soemarmo

Jumat 31-05-2024,18:00 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat
Editor : Wahyu Hidayat

BOYOLALI, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Tejo Harwanto (Kemenkumham Jateng) mengecek pelaksanaan layanan fast track Makkah Route untuk keberangkatan jemaah calon haji di Bandara Adi Soemarmo Solo, Boyolali, Jumat, 31 Mei 2024.

Kakanwil yang dalam kesempatan itu mewakili Direktur Jenderal Imigrasi turut mendampingi sejumlah pejabat, diantaranya Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Makkah Route sendiri merupakan satu program kerja sama antara Indonesia dengan Saudi, yang mana pihak Imigrasi Saudi langsung melaksanakan proses pemeriksaan keimigrasian di Indonesia.

BACA JUGA:Kemenkumham Jateng Wawancarai 7 WNA yang Ingin Jadi WNI, Begini Prosesnya

BACA JUGA:Berkomitmen dalam Pembangunan Zona Integritas, Kemenkumham Jateng Diganjar Penghargaan

Tejo Harwanto menerangkan, waktu menunggu pemeriksaan keimigrasian di bandara Arab Saudi pada musim haji biasanya memakan waktu cukup lama. Kini, dengan layanan Makkah Route, jemaah yang baru turun dari pesawat bisa langsung naik bus menuju penginapan.

"Dengan fast track Makkah Route, jemaah haji setiba di Arab Saudi bisa langsung ke bus menuju hotel tempatnya menginap," terang Kakanwil didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Is Eddy Ekoputranto dan Kepala Kantor Imigrasi Solo Winarko.

"Hal ini merupakan kemudahan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan Arab Saudi untuk para jemaah haji dalam hal keimigrasian," sambungnya.

Dalam momen tersebut, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menyempatkan diri berdialog dengan para calon jemaah haji di bandara Adi Soemarmo.

"Cepat tidak? Kita diperiksa di sini nanti biar di Jeddah langsung," ujar Ma'ruf di hadapan para calon jemaah haji.

Ma'ruf pun mengucapkan selamat berhaji kepada para calon jemaah haji dan mendoakan menjadi haji yang mabrur. Tak lupa dia berpesan agar mereka menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci.

"Selamat berhaji, semoga menjadi haji yang mabrur. Jaga kesehatan," tandas Ma'ruf.

BACA JUGA:Jelang SKB CPNS, Kakanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto Imbau Jaga Transparansi

BACA JUGA:Kemenkumham Buka Pendaftaran Calon Taruna Sekolah Kedinasan Poltekim dan Poltekip Tahun 2024, Ini Rinciannya

Adapun salah satu calon jemaah haji, Heri Kuswarti asal Kabupaten Kudus, mengaku senang dengan layanan fast track Makkah Route dan kedatangan Wakil Presiden menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci.

Kategori :