Tenang, Calon Siswa Dipastikan Tertampung

Rabu 24-06-2020,13:20 WIB

BATANG - Memasuki hari kedua pelaksanaan PPDB jenjang SMP negeri, beberapa sekolah sudah hampir memenuhi daya tampungnya. Meski begitu, masih butuh beberapa proses untuk menentukan hasil seleksi PPDB yang tahun ini menggunakan sistem online.

Disdikbud Batang memastikan bahwa nantinya seluruh Calon Peserta Didik (CPD) akan ditampung. Apabila tidak diterima di sekolah pilihan satu maupun dua, nantinya sistem pun akan merekomendasikan sekolah saluran yang masih memiliki kuota.

"Karena sebelumnya kami juga sudah melakukan pemetaan lulusan SD/MI sederajat. Daya tampung untuk SMP sederajat pun sudah diseimbangkan dengan jumlah lulusan. Sehingga jika nantinya dalam PPDB SMP ini nanti peserta belum diterima di sekolah pilihan, nantinya kami akan memberikan rekomendasi sekolah saluran yang masih bisa menampung," jelas Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono, Selasa (23/6/2020).

Dijelaskan, nantinya Disdikbud melalui sistem akan memberikan sejumlah opsi rekomendasi sekolah saluran sesuai dengan ketersediaan kuota. CPD pun bisa memilih sekolah mana saja yang dirasa cocok untuk melanjutkan pendidikan.

"Jika dari opsi rekomendasi tersebut tidak cocok, maka CPD juga dipersilahkan untuk mencari sekolah lain. Bisa juga mungkin ke sekolah swasta. Karena hal tersebut juga menjadi hak CPD dan wali murid," imbuhnya.

Pihaknya juga berharap, ke depannya para peserta CPD yang tidak diterima di sekolah pilihannya untuk tidak kecewa. Pasalnya, pemerintah saat ini tengah berusaha untuk melakukan pemerataan pendidikan. Sehingga diharapkan nantinya tidak terkotak-kotak antara sekolah favorit dan non favorit.

"Kami berharap, diterima di sekolah manapun anak bisa belajar dengan baik dan bersemangat. Karena pada dasarnya sekolah di mana pun sama saja, karena ke depannya pemerintah terus mengupayakan pemerataan kualitas pendidikan," imbuhnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait