Siap Bersaing di Era Global, Masyarakat Sekitar KITB Dilatih Bahasa Mandarin

Sabtu 06-07-2024,09:50 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Sebanyak 130 masyarakat sekitar Kawasan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) menerima pelatihan Bahasa Mandarin. Pelatihan yang digelar PT KITB atau Grand Batang City ini diharapkan bisa meningkatkan daya saing masyarakat di era global. 

Peserta terdiri dari warga 4 desa penyangga dan beberapa karyawan tenant KITB. Pelatihan ini berlangsung dari 6 Juni - 4 Juli 2024 ini menghadirkan guru-guru ahli di bidangnya. 

Peserta diajarkan materi bahasa Mandarin dasar, seperti intonasi baca, angka, huruf, dan budaya Taiwan, termasuk cara mengucapkan terima kasih ("xie xie") dengan posisi tangan yang berbeda untuk laki-laki dan perempuan.

Direktur Kelembagaan dan Humas KITB, M. Fakhrur Rozi, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan wujud komitmen Grand Batang City untuk memberdayakan masyarakat lokal dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekitar kawasan industri. 

BACA JUGA:Patuh Bayar Pajak, KITB Dapat Penghargaan dari KPP Pratama Batang

"Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa penting di era globalisasi ini. Kami berharap dengan pelatihan ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin mereka dan mendapatkan peluang kerja yang lebih baik di tenant-tenant KITB," ujar Rozi.

General Manager Corporate Secretary KITB, M Burhan Murtaki mengatakan bahwa semua inisiatif ini merupakan salah satu parameter bahwa Kawasan Industri Terpadu Batang bukan saja sebuah proyek strategis nasional yang sukses dalam percepatan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan tenaga kerja, tetapi juga mitra yang sangat berharga dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan dan harmonis.

Salah satu peserta pelatihan, Inalia, merasa sangat senang dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh Grand Batang City.

BACA JUGA: Candi Tertua Jateng ada di Area KITB, BRIN Sebut Perlu Ada Kajian Dampak Industri

"Saya sangat berterimakasih kepada KITB atas pelatihan bahasa Mandarin ini. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya dan saya yakin akan membantuNsaya dalam mencari pekerjaan di masa depan dan bekerja di salah satu tenant KITB," kata Inalia.

Di akhir pelatihan, para peserta mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telahmengikuti pelatihan bahasa Mandarin.

Pelatihan ini merupakan langkah awal dari banyak programp engembangan keterampilan yang direncanakan oleh KITB untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Grand Batang City berharap pelatihan ini dapat terus berlanjut dan menjangkau lebih banyak lagi masyarakat lokal di sekitar kawasan industri. (nov) 

Kategori :