Workshop Riding Training Tips, Untuk Meningkatkan Prediksi Bahaya di Jalan Raya

Jumat 19-07-2024,09:04 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

Semarang - Astra Motor Jawa Tengah selaku main diler sepeda motor Honda terus mengkampanyekan keselamatan berkendara dengan berbagai cara, salah satunya menggelar workshop Riding Training Tips yang diikuti jurnalis,  blogger dan komunitas.

Bertempat di Astra Motor Jawa Tengah lantai 1, tim safety riding Astra Motor memberikan materi tentang antisipasi akan terjadinya bahaya selama di jalan raya 

Oke Desiyanto selaku senior instruktur safety riding Astra Motor Jateng mengatakan, pengendara harus selalu memiliki kemampuan untuk memprediksi bahaya yang akan terjadi selama berkendara. 

Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan identifikasi akan bahaya yang akan terjadi, selanjutnya mengambil keputusan dan harus melakukan reaksi dengan cepat.

"Kewaspadaan dan keterampilan berkendara itu penting bagi setiap pengendara, berangkat dari sini kami akan membantu meningkatkan prediksi bahaya dan keterampilan berkendara. Setelah pemaparan materi ini, nanti juga akan dilanjut dengan latihan dan simulasi dari materi yang kami sampaikan", kata Oke.

Oke menambahkan, bahaya selama berkendara di jalan raya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

"Bahaya itu terbagi dalam beberapa, mulai dari bahaya terlihat, bahaya tersembunyi, bahaya aktifitas pengguna jalan, bahaya emosi, dan bahaya lingkungan. Semua bahaya harus diprediksi dengan cepat oleh pengendara, untuk mengurangi terjadinya kecelakaan", tambah Oke.

Dalam materi workshop tersebut juga disampaikan, beberapa proses untuk memprediksi akan terjadinya bahaya di jalan raya.

Seperti pengendara harus memahami situasi kondisi jalan yang dilalui, dan memilah kemungkinan bahaya - bahaya yang akan terjadi, agar bisa secepat mungkin melakukan pencegahan.

" Semua teori ini akan lebih mudah kita pahami, apabila kita terus menerus melakukan latihan. Tujuannya jelas, agar kita bisa berkendara dengan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan", tutup Oke.

Kategori :