Monitoring Kawasan Nusakambangan, Menkumham Kunjungi Kampung Laut

Jumat 19-07-2024,19:26 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat
Editor : Wahyu Hidayat

NUSAKAMBANGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Hari kedua dalam kunjungan kerjanya di Pulau Penjara Nusakambangan, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia Yasonna H. Laoly melakukan tinjauan ke Kampung Laut Cilacap, Jumat, 19 Juli 2024.

Menkumham terlebih dahulu memonitor perairan di sekitar Nusakambangan dengan mengendarai Speed Boat Pengayoman 5 dan menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit sebelum bersandar di Kecamatan yang terletak di ujung Kabupaten Cilacap tersebut.

Tiba di sana, Yasonna yang didampingi Plt. Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto berjalan mengelilingi perkampungan Kampung Laut.

BACA JUGA:Dampingi Bimbingan Fisik Taruna Poltekip, Kakanwil Kemenkumham Jateng Jalan Kaki 6 Km di Nusakambangan

BACA JUGA:Kemenkumham Jateng Hadirkan Lapor Gayeng untuk Dekatkan Pelayanan ke Masyarakat dalam Pengurusan Paspor

Ia menyempatkan diri sejenak untuk berbincang dengan penduduk asli Kampung Laut yang telah tinggal disana sejak kelahirannya.

"Sudah berapa tahun disini, Mas?" tanya Menkumham kepada salah seorang penduduk, dalam siaran pers Kemenkumham.

"Sudah lama pak, lahir di sini," jawab Pono (41).

"Ini berapa jauh perumahan ke sana (jalan menuju Lapas)?" tanya Yasonna lagi.

"Jauh, Pak, kurang lebih 30 menit (pakai motor)," jawab Pono lagi.

Dijelaskan oleh Kalapas Kelas I Batu, Mardi Santoso, bahwasanya dulu penduduk asli Kampung Laut tinggal di pulau-pulau kecil di sekitaran Nusakambangan dan berprofesi sebagai nelayan.

Namun pada akhirnya mayoritas penduduk bermigrasi ke Nusakambangan dikarenakan disana terdapat kayu-kayu hutan yang dimanfaatkan penduduk dan ditanami pohon albasia.

BACA JUGA:Menkumham Tanda Tangan Traktat Internasional tentang Sumber Daya Genetik dan Pengetahuan Tradisional

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jateng Ambil Sumpah Kewarganegaraan 1 WN Tiongkok sebagai WNI

Berdasarkan data tahun 2022, Kampung Laut tercatat memiliki luasan sebesar 133,6 km2 dan penduduk sebanyak hampir 16 ribu jiwa dengan kepadatan 94,81/km2, serta memiliki 4 desa yaitu Ujung Alang, Ujung Gagak, Panikel dan Klaces.

Kategori :