Bangun Kesiangan, Masih Bolehkah untuk Salat Subuh Padahal Matahari Sudah Terik? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Senin 29-07-2024,10:58 WIB
Reporter : Malekha
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam salah satu ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat sempat menerangkan tentang apakah kita masih boleh menunaikan salat subuh saat bangun kesiangan serta keadaan matahari telah terik?

Dalam sebuah hadits, dijelaskan bahwa batasan dalam melaksanakan salat subuh adalah saat sebelum terbitnya fajar atau yang biasa disebut Syuruq. Lalu bagaimana jika kita bangun kesiangan serta matahari sudah terik?

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Bahwa Salat Tahajud yang Paling Baik Bukan di Tengah Malam, Tapi di Waktu Ini

Dikutip dari siaran di kanal youtube YouTube Adi Hidayat Official, inilah penjelasan Ustaz Adi Hidayat berkaitan boleh kah salat subuh disaat matahari sudah terik?

Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan tentang suatu hadits, Rasulullah SAW yang mengisahkan Nabi pernah menempuh suatu perjalanan bersama para sahabatnya. Saat masuk dini hari Nabi Muhammad SAW meminta seseorang Bilal untuk berjaga serta membangunkan yang lain saat masuk waktu subuh.

Tetapi diceritakan bila Bilal yang saat itu mengantuk juga meminta izin untuk tidur serta berkata akan bangun lebih awal supaya dapat membangunkan yang lain.

 "Riwayatnya shahih, 'Bilal. kalian berjaga'. Kata Bilal, 'Saya turut tidur Ya Rasulullah, nanti saya bangun, saya bangunkan semua' kata Nabi, 'Baiklah kalian tidur, tetapi saat sebelum subuh kalian bangun, setelah itu bangunkan yang lain',". ucap Ustaz Adi Hidayat menggambarkan

Tetapi yang terjadi Bilal tidak bangun saat waktu subuh serta baru terbangun saat matahari telah terbit.

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Bahwa Salat Tahajud yang Paling Baik Bukan di Tengah Malam, Tapi di Waktu Ini

 "Apa yang terjadi tiba-tiba mereka semua tertidur, termasuk Bilal. Tidur semuanya bangun-bangun sudah merasa matahari telah menusuk ke pipi Nabi," ucap Ustaz Adi Hidayat.

 "Artinya, pada saat itu Nabi bangun juga telah melewati batasan salat subuh, batasan yang tetap waktunya," sambungnya.

Ustaz Adi Hidayat juga menerangkan 2 hikmah yang dapat kita petik dari cerita tersebut.

"Yang awal saat bangun, Nabi berkata 'Wahai. Bilal celaka kalian Katanya kalian bangun, nyatanya kalian ketiduran juga," ucap Ustaz Adi Hidayat.

Setelah itu Nabi Muhammad SAW mengarahkan kalau bila belum mampu mengerjakan suatu maka jangan memaksakan diri.

Hingga lebih baik untuk menyerahkan tugas tersebut kepada orang yang lebih sanggup serta mohonlah kekuatan pada Allah SWT.

Kategori :