Jalan Sironggos Bojongkoneng Tinggal Separo, Sudah 4 Bulan Rusak, Pemda Belum Menanganinya

Selasa 30-07-2024,20:29 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Jalan kabupaten di Blok Sironggos di Dukuh Gamblok, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, ambles hingga saat ini badan jalan hanya tinggal separo. 

Meski jalan utama di Kecamatan Kandangserang ini ambles sejak April 2024, namun hingga kini belum ditangani oleh pemerintah daerah. 

Jalan memang masih bisa dilalui kendaraan. Namun, harus bergantian satu per satu. Saat melintas di titik itu, dua kendaraan tak bisa melintas bersamaan lantaran badan jalan tinggal separo.

Titik jalan yang ambles panjangnya hanya 20 meter. Kedalamannya sekitar 5 meter. Di bawah titik jalan yang ambles itu terdapat rumah warga. Material jalan yang ambles pun rentan menimpa rumah tersebut.

"Jalan ini rusak sejak April 2024 dan belum mendapatkan penanganan dari pemda," keluh Teguh (42), warga Desa Kandangserang, Selasa, 30 Juli 2024.

Baca juga:DPU Taru Kabupaten Pekalongan Segera Garap Jalan Rusak, Inilah Beberapa Ruas Jalan yang akan Digarap

Dengan kondisi jalan yang rusak tersebut, titik itu rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Padahal, jalan tersebut merupakan penghubung Kecamatan Kandangserang wilayah selatan dengan pusat ibukota kecamatan dan Kecamatan Kajen. 

Beberapa desa di selatan kecamatan yang melintasi jalan rusak ini meliputi warga Desa Luragung, Bubak, Garungwiyoro, Sukoharjo, Trajumas, Karanggondang, Gembong, Bodas, dan Desa Klesem.

"Makanya jalan ini sangat penting bagi mobilitas warga. Semoga bisa segera diperbaiki," kata dia.

Sekretaris Desa Bojongkoneng Imam Sujai dikonfirmasi terpisah membenarkan jika ada titik jalan di Blok Sironggos yang rusak parah.

Menurutnya, tanah di lokasi itu labil sehingga tanahnya mudah ambles. Dengan kondisi jalan yang labil itu, belum dilengkapi dengan turap jalan.

"Makanya saat tanah bergerak, jalannya ambles hingga tinggal separo. Jalan rusak ini sudah lama sekali dan belum ditangani. Ini jalan PU mas," kata dia.

Di jalur itu, jalan hanya bisa dilalui satu mobil saja. Oleh karena itu, jika ada mobil berpapasan di titik tersebut harus bergantian untuk melintasinya. 

"Kami berharap jalan rusak ini bisa segera ditangani karena ini akses utama warga di wilayah selatan Kandangserang," harap dia.

Kategori :