95 Persen Warganya Tercover JKN, Pj Bupati Batang Raih Penghargaan UHC Award 2024

Sabtu 10-08-2024,13:49 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Kabupaten Batang kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Dimana Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, menerima penghargaan atas dedikasinya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat melalui Universal Health Coverage (UHC) Awards di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024 lalu.

Batang dinilai sukses mencover 95 persen warganya ke dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, menandai pencapaian luar biasa bagi Kabupaten Batang.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memastikan, setiap warga mendapatkan jaminan kesehatan terbukti nyata. Di tahun 2023, Kabupaten Batang berhasil meraih predikat UHC dengan 95,48 persen dari total jumlah penduduk terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin Berikan Penghargaan UHC Awards kepada 493 Kepala Daerah

“UHC merupakan komitmen pemerintah Kabupaten Batang menyediakan layanan kesehatan gratis pada masyarakat. Saya berharap agar masyarakat tetap sehat,” jelasnya.

Keberhasilan ini menjadikan Batang sebagai kabupaten ke-19 di Provinsi Jawa Tengah yang berhasil meraih predikat UHC di tahun 2024 Pemerintah Kabupaten meraih penghargaan UHC Award. 

Lani merasa bangga dengan pencapaian ini dan berharap bisa terus memberikan layanan kesehatan terbaik bagi warganya. 

BACA JUGA:Bupati Pekalongan Hadiri Pagelaran Wayang Golek dan Sosialisasikan Program UHC di Desa Jetak Kidul

“Prestasi ini sangat istimewa dan membanggakan. Penghargaan UHC Award tidaklah yang utama. Tapi terpenting adalah semua masyarakat bisa menjalani layanan kesehatan secara gratis. Namun, kami tetap berharap masyarakat Batang tetap sehat dan tidak mengalami sakit,” tegasnya.

Capaian ini tidak lepas dari dukungan penuh dari wakil rakyat atau anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten Batang. Prestasi ini membuktikan komitmen wakil rakyat yang ada di DPRD dan Pemerintah Kabupaten Batang. 

Instruksi Bupati Nomor 5/3494/440/IX/2023 tentang Optimalisasi Program JKN menjadi langkah konkret dalam menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia. 

Lani juga menyebutkan, penambahan 1.620 peserta baru yang didaftarkan dalam Program JKN pada bulan November 2023 adalah bukti nyata kerja keras Bersama. 

BACA JUGA: Sukses Raih UHC, 95 Persen Warga Batang Sudah Tercover JKN

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batang Didiet Wisnuhardanto menambahkan, bahwa peringkat predikat UHC Kabupaten Batang adalah 18 dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun 2023. Dan tahun 2024 meraih UHC Award dari BPJS Kesehatan. 

“Tanpa komitmen DPRD Kabupaten Batang, UHC tidak akan tercapai. Setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten Batang harus menyiapkan anggaran APBD sebesar Rp40 miliar untuk mendukung program ini,” terangnya. 

Kategori :