Praktikkan Demokrasi di Madrasah, KPU Batang Ajak Pemilih Pemula MAN Batang Suarakan Pilihan di Pilkada 2024

Sabtu 24-08-2024,08:04 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batang menggelar sosialisasi kepemiluan bertepatan dengan Pemilihan Ketua OSIS (pilketos), Jumat 23 Agustus 2024. Sosialisasi ini turut menghadirkan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Khikmatun. 

Ia menyebut, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran politik dan partisipasi aktif pemilih muda dalam proses demokrasi. 

"Sosialisasi ini jadi momen penting bagi para siswa untuk memahami mekanisme pemilihan secara langsung. Apalagi mereka bisa langsung melakukan praktek demokrasi melalui Pilketos. Dan harapannya dalam Pilkada nanti, sebagai pemilih pemula mereka juga bisa menyuarakan pilihannya," ujar Khikmatun.

BACA JUGA:Geruduk DPRD Batang, Aliansi Batang Bergerak Sampaikan 8 Tuntutan Aspirasi Rakyat

Dalam acara tersebut, ia turut menekankan pentingnya peran pemilih dalam menentukan arah masa depan daerah melalui Pilkada. Materi yang disampaikan meliputi tata cara pemungutan suara, pentingnya memilih berdasarkan visi dan misi calon, bahaya politik uang, dan dampak dari partisipasi pemilih muda dalam proses politik.

“Pemilihan Ketua OSIS atau Pilketos ini adalah miniatur demokrasi elektoral baik Pilkada maupun Pemilu. Hal yang membedakan terutama pada skala pelaksanaannya. Pilketos berlangsung dalam lingkungan sekolah yang terbatas. Namun, pada dasarnya proses ini mencerminkan prinsip-prinsip dasar dari sistem demokrasi yang lebih luas seperti Pilkada dan Pemilu, " tegas Khikmatun.

BACA JUGA:Tiga Hari Dikaderisasi, Pelajar MAN Batang Diajak Hidup Bermasyarakat

Kepala MAN Batang, Muh. Asnawi, menyambut baik kegiatan ini dan berharap para siswa dapat mengambil manfaat dari sosialisasi tersebut, baik untuk pemilihan Ketua OSIS maupun dalam menghadapi Pilkada 2024 yang akan datang.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan generasi muda di Kabupaten Batang, khususnya para pemilih pemula, semakin siap dan sadar akan hak serta tanggung jawab mereka sebagai warga negara dalam memilih pemimpin. (nov) 

Kategori :