Pernah Mimpi dan Jadi Kenyataan? Atau Sadar dalam Mimpi? Inilah 4 Kategori dan Jenis Mimpi dalam Tidur Manusia

Sabtu 31-08-2024,07:15 WIB
Reporter : Aghistna Muhammad Ibrahim Sula
Editor : Dony Widyo

Kategori dan jenis mimpi dalam tidur manusia yang selanjutnya ini cukup menarik, keduanya hampir memiliki kesamaan namun lucid dream dinilai lebih unik.

Jika kamu mengalami sebuah mimpi yang terasa sangat nyata sampai kadang merasa itu adalah kehidupan di alam nyata, maka kamu sedang mengalami jenis mimpi yang namanya vivid dream.

Sama dengan vivid dream yang terasa sangat nyata, lucid dream juga demikian, namun yang unik dalam lucid dream kamu tidak hanya pasif dan tidak bisa berlaku apa-apa.

BACA JUGA:Inilah 3 Arti Mimpi yang Diyakini Sebagai Tanda Akan Datangnya Kebahagiaan Menurut Primbon Jawa, Apa Saja?

Lucid dream bisa diartikan sebagai sebuah mimpi dalam tidur yang di dalamnya kita bisa sadar dan melakukan hal-hal seperti di dunia nyata, bagaimana unik bukan?

Ya, menurut beberapa penelitian memang seseorang bisa mengalami kejadian tersebut, ia bisa merasa seperti sudah terbangun padahal masih tertidur.

Meskipun setiap orang bisa saja mengalaminya, namun ada beberapa orang yang rela melakukan tips-tips agar bisa mengalami lucid dream secara disengaja.

4. Precognition Dream

Apakah di antara kamu pernah mengalami kejadian yang sebelumnya pernah kamu lihat dalam mimpi? Jika pernah, kemungkinan besar kamu sudah mengalami salah satu jenis mimpi yang bernama precognition dream.

BACA JUGA:Arti Mimpi Menurut Primbon Jawa: Siapkan Diri Kaya Mendadak! Inilah 8 Mimpi Tanda Mendapatkan Rezeki Besar

Tetapi sebelum kamu berasumsi pernah mengalami precognition dream, terlebih dahulu kamu perlu mengecek beberapa syarat ini:

  • Bukan menjadi nyata karena hukum kemungkinan
  • Bukan mimpi yang sudah tahu kejadiannya lalu mengalami di alam mimpi
  • Tidak ada usaha yang disengaja untuk mewujudkan mimpi dalam tidur

Jika sudah memenuhi ketiga syarat tersebut dan mimpimu itu menjadi kenyataan dengan sendirinya atau tidak disengaja, maka mimpi tersebut bisa disebut sebagai precognition dream.

Itulah 4 kategori dan jenis mimpi dalam tidur manusia. Apakah kamu sudah pernah mengalami salah satunya atau bahkan semuanya? Demikian semoga bermanfaat.(*)

Kategori :