Catat ya, PPDB 2020 Buka Jalur Afirmasi

Senin 27-01-2020,12:30 WIB

TINJAU KBM - Bupati Wihaji didampingi Kepala Disdikbud Batang saat meninjau prses KBM di SMPN 1 Batang, beberapa waktu lalu.

BATANG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2020 ini memiliki formasi yang berbeda. Di mana ada empat jalur yang bisa dilewati para calon siswa, yakni jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Kabid Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyono menegaskan jika PPDB kali ini lebih fleksibel untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas di berbagai daerah. Bahkan, kali ini ditambah dengan jalur afirmasi yang bisa mengakomodir siswa dari keluarga yang kurang mampu.

"PPDB kali ini memang lebih fleksibel. Karena tujuannya agar mencegah ketimpangan akses kualitas pendidikan di berbagai daerah. Oleh karenanya, ada empat jalur dalam kebijakan yang baru. Dan diharapkan bisa jadi pemeretaan kualitas pendidikan," ujarnya, Minggu (26/1).

Dijelaskan, empat jalur ini, masing-masing memiliki kuota tersendiri. Untuk jalur zonasi minimal 50 persen dari kuota, jalur afirmasi minimal 15 persen, jalur perpindahan minimal 5 persen, dan jalur prestasi merupakan sisa kuotanya, yang besarannya 0-30 persen.

Pihaknya juga akan meninjau dan melakukan perbaikan sistem zonasi tahun lalu. Nantinya Disdikbud akan merinci jumlah SD dan jumlah siswa kelas 6 dari SD, sehingga antara daya tampung dengan sumber muridnya akan sama.

"Jadi daerah berwenang untuk menetapkan proporsi final dan menetapkan wilayah zonasi. Oleh karenanya nanti juga kami akan tinjau lagi penetapan zonasinya dan juga proporsi formasinya sesuai dengan kondisi di Batang," tandasnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait