Bakar Tumpukan Ranting, Kebakaran Lahan Seluas 2 Hektar Terjadi di Desa Sastrodirjan Pekalongan

Jumat 30-08-2024,15:53 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Akibat bakar tumpukan ranting, kebakaran lahan terjadi di Dukuh Sedran, Desa Sastrodirjan, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Kamis siang, 29 Agustus 2024.

Kapolsek Wonopringgo Iptu Calim saat dikonfirmasi membenarkan kejadian kebakaran lahan di Desa Sastrodirjan tersebut.

"Benar telah terjadi kebakaran lahan milik Hasan (40), warga Desa Sastrodirjan, sekitar pukul 12.00 WIB," kata dia.

Iptu Calim menjelaskan, peristiwa kebakaran lahan itu berawal ketika korban berusaha untuk membersihkan lahan miliknya dengan cara membakar tumpukan ranting.

"Tanpa disadari, api meluas hingga membakar lahan hampir seluas 2 hektar miliknya," terang dia.

Mengetahui kejadian itu, korban berusaha meminta bantuan kepada tetangga dan melaporkan kepada kepala desa. Selanjutnya, kepala desa menghubungi Unit Pemadam Kebakaran dan Polsek Wonopringgo.

Baca juga:Kebakaran Landa Rumah Petani di Desa Wangkelang Kabupaten Pekalongan

Berkat kerjasama petugas dan warga, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.10 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun korban mengalami kerugian sebesar Rp20 juta.

Kapolsek Wonopringgo Iptu Calim mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah atau apapun secara sembarangan dan meninggalkan lokasi pembakaran dengan kondisi api masih menyala.

"Jika ingin membakar sesuatu di lahan kosong atau membakar sampah di lingkungan masing-masing, masyarakat hendaknya melokalisasi secara aman agar tidak menimbulkan kebakaran akibat rambatan api dari pembakaran yang dilakukan tersebut," pesan dia.

Kategori :