Habib Luthfi saat Muda Kerap Ziarah Kesini, Ada Makam Dowo di Kota Pekalongan

Senin 02-09-2024,09:35 WIB
Reporter : Aghistna Muhammad Ibrahim Sula
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Ada makam dowo di Kota Pekalongan, makam yang diyakini masyarakat sebagai makam ulama sekaligus wali.

Di Kelurahan Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, tepatnya di sebelah Puskesmas Medono, ada sebuah bangunan bercat hijau di dalam kompleks pemakaman umum.

Bangunan bercat hijau tersebut melindungi makam tua yang diyakini masyarakat sebagai makam aulia yang ikut berjasa menyebarkan Islam di sekitar daerah itu.

Masyarakat menyebutnya sebagai Syekh Husein atau Syekh Makam Dowo, disebut makam dowo karena memang ukuran makam tersebut memang dowo atau dalam bahasa Indonesia berarti panjang. Panjang makam Syekh Husein kurang lebih 5-6 meter.

BACA JUGA:Kenali 8 Makam Wali di Sapuro Pekalongan, Banyak Diisi Tokoh Hebat

BACA JUGA:Habib Ahmad bin Abdullah Al-Athas Pekalongan: Ulama Besar yang Istiqamah dan Zuhud

Belum diketahui secara detail siapa sebenarnya beliau, namun yang jelas makam ini sudah ada sejak lama dan banyak ulama hebat yang pernah ziarah kesini.

Dilansir dari buku "Jejak Dakwah Ulama Nusantara" yang disusun oleh tim PCNU kota Pekalongan, ada banyak ulama dari kalangan habaib maupun kyai yang kerap ziarah ke makam Syekh Husein di Medono.

Di antaranya adalah Maulana Habib Luthfi bin Yahya, semasa mudanya beliau sering berziarah ke Makam Dowo. Juga beberapa kyai seperti KH Anshor, pendiri Pondok Pesantren al-Mubarok Pekalongan.

KH Abdul Fattah bin KH Thohir, sosok kyai yang terkenal tidak pernah lepas dari Kitab Shalawat Dalailul Khairat pun rutin mengadakan haul Syekh Husein Makam Dowo, haul tersebut diadakan setiap hari Kamis akhir bulan Muharam.

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ahmad Al-Athas dengan Habib Hasyim bin Yahya, Kakek dari 2 Ulama Besar Asal Pekalongan

BACA JUGA:Kedekatan Habib Ali bin Ahmad Al-Athas dengan Para Kyai dan Masyarakat Pekalongan

Sosok yang pertama kali memerintah untuk membangun bangunan pelindung atau kubah makam Syekh Husein pun bukan tokoh sembarangan, menurut kesaksian masyarakat, Habib Ali bin Ahmad al-Athas lah yang memerintah untuk dibangunkan kubah untuk Makam Dowo.

Beberapa bukti dari para ulama hebat tersebut sudah cukup meyakinkan, bahwa tokoh yang dimakamkan di Makam Dowo ini bukanlah sosok sembarangan.

Bahkan ada beberapa tokoh yang pernah merasakan keberkahan dari berziarah ke Syekh Husein Makam Dowo, tentu hal itu harus dibarengi niat yang lurus, yakni mendekatkan diri kepada Allah dengan wasilah Syekh Husein Makam Dowo.

Kategori :