Festival Budaya Djayengrono di Pekalongan, Desa Kauman Ditetapkan jadi Desa Wisata

Minggu 01-09-2024,11:47 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Festival Budaya Djayengrono digelar di Desa Kauman, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Sabtu, 31 Agustus 2024. 

Festival Djayengrono dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Pekalongan, Agus Dwi Nugroho. Dalam pembukaan itu sekaligus menetapkan Desa Kauman, kecamatan Wiradesa, sebagai desa wisata.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD Agus Dwi Nugroho, mengatakan, suatu desa semestinya peduli akan seni dan budaya tradisi masyarakatnya. Menurutnya, Kabupaten Pekalongan terkenal dengan tradisi budayanya yang luar biasa, baik di wilayah pesisir, perkotaan maupun pegunungan.

"Desa Kauman ini salah satu desa di wilayah perkotaan tapi masih menguri-nguri budayanya, ini yang luar biasa dilakukan oleh Pemerintah Desa Kauman, bapak kepala desa beserta jajarannya bersama masyarakat menjaga tradisi lokal yang ada," katanya.

Baca juga:Produk UP2K PKK Kauman Wiradesa Pekalongan akan Ramaikan Festival Budaya Djayengrono

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Agus Dwi Nugroho, Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ny Widi Riswadi beserta pengurus, Camat Wiradesa, Forkompincam, kepala desa Kauman dan masyarakat Desa Kauman.

Festival Djayengrono ini dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 31 Agustus 2024 hingga 1 September 2024. Menampilkan berbagai makanan tradisional atau kuliner tradisional, tarian-tarian dan berbagai budaya lokal. Ada juga lomba berbagai makanan tradisional yang jurinya dari pengurus TP PKK Kabupaten Pekalongan.

Di akhir acara, Bupati Pekalongan yang diwakili Kepala Dinas PMD menetapkan Desa Kauman, Kecamatan Wiradesa, sebagai desa wisata. Setelah menjadi desa wisata, diharapkan agar lebih dikembangkan dan dilestarikan.

"Selamat untuk Desa Kauman yang menjadi desa wisata, agar terus dikembangkan. Tetap terus gandeng pemda agar kemajuan Desa Kauman ini lebih baik lagi," ujar Agus Dwi Nugroho.

Sementara itu, Kepala Desa Kauman, Asy’ari, bersyukur atas terselenggaranya Festival Budaya Djayengrono dan berterima kasih kepada Pemkab Pekalongan serta masyarakat Desa Kauman atas ditetapkannya Desa Kauman sebagai desa wisata. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, juga untuk warga masyarakat Desa Kauman atas kerja kerasnya melaksanakan kegiatan ini hingga meriah sekali," ucap dia.

Kategori :