UMKM di Pekalongan, Gelar Pelatihan Kreasi Kain Perca hingga Jadi Kalung Batik Etnik

Senin 09-09-2024,16:31 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Radarpekalongan.co.id- Kreasi kain perca hingga menjadi kalung cantik dari limbah hadir dalam bentuk pelatihan yang digelar dalam rangka memeriahkan kegiatan bazar UMKM Pekalongan raya yang tengah berlangsung di lantai satu Plaza Pekalongan.

BACA JUGA:5 Motor Matic Retro Terbaru per September 2024, Lengkap Beserta Harganya

Limbah bagi sebagian orang merupakan barang tak berharga dan hanya akan berakhir di tempat sampah. Namun kini tak sedikit yang memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang cantik dan bahkan bernilai jual tinggi.

Hal inilah yang tengah digencarkan para UMKM yang tergabung dalam UMKM Pekalongan raya. Dengan konsep belajar bersama, para UMKM ini mengajarkan masyarakat untuk membuat aksesoris berupa kalung batik etnik dari kain perca limbah rumah tangga.

BACA JUGA:Indosat Ooredoo Hutchison Memberdayakan Sektor Perbankan dan Keuangan Indonesia Melalui AI yang Berdaulat

"Ini bagian dari kegiatan bazar UMKM yang kami gelar rutin disini. Yakni belajar bersama membuat Kalung Batik Etnik dari kain perca," ungkap Koordinator Bazar, Riana, (7/9/2024).

BACA JUGA:Cara Membuat Smoothies Strawberry yang Nikmat dan Dapat Menyehatkan Tubuh

Dengan turut menggandeng owner dari Mara Collection sebagai narasumber, pelatihan pembuatan kerajinan dari kain perca tersebut  disambut antusias.

"Antusias para peserta luar biasa, mereka tampak serius dalam mengikuti setiap proses pembuatan kerajinan dari kain perca ini," lanjutnya.

BACA JUGA:Review Jujur VIVO V40 oleh David GadgetIN, HP Mid Range Rasa Flagship dengan Banyak Kejutan

Riana juga menjelaskan bahwa selain mendapatkan paket bahan membuat kalung. Para peserta nantinya juga bisa membawa pulang produk hasil praktek buatannya tersebut. "Hasilnya bisa bawa pulang mereka tentunya. Mereka juga nantinya akan kita ikut sertakan dalam group belajar bareng Mara Collection untuk mendapatkan info dan belajar bersama mengenai aksesoris," lebih lanjut.

BACA JUGA:Buka Lapak di Pendopo Pemkab Batang, Produk UMKM Lokal Batang Diserbu ASN

Menurutnya, ide membuat aksesoris dari limbah perca ini selain terjangkau dari segi bahan yang bisa ditemukan dalam limbah rumah tangga. Ide ini juga cocok menjadi peluang bisnis baru yang cukup menjanjikan sekarang ini.

BACA JUGA:Bazar UMKM Pekalongan Hadirkan Aneka Produk Kuliner hingga Fashion dengan Pilihan Beragam

"Konsepnya aksesoris dengan harga terjangkau, yang memanfaatkan bahan dasar limbah. Aksesoris ini cocok digunakan dalam berbagai kesempatan," imbuhnya. (Ap3)

Kategori :