Mulai Hari Ini, Bawaslu Batang Buka Rekrutmen 1.257 Pengawas TPS

Kamis 12-09-2024,09:12 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Mulai hari ini, 12-28 September 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batang membuka rekrutmen Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 ini, total kebutuhannya mencapai 1.257 PTPS. 

"Untuk kebutuhannya menyesuaikan jumlah TPS. dimana untuk Pilkada ini kami membutuhkan 1.257. Dan nantinya akan dilanjutkan dengan beberapa tahapan, insyaallah di awal November sudah dilantik dan siap bertugas," ujar Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kabupaten Batang, Nur Faizin didampingi Kordiv SDMO dan Diklat Bawaslu Batang, Slamet Muarif saat diwawancarai, Rabu 11 September 2024.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Pekalongan Launching Buku Rekam Jejak Catatan Kerja Pengawas Adhoc Pemilu 2024

Dikatakannya, ada beberapa tugas dan wewenang PTPS dalam Pilkada 2024. Seperti Mengawasi persiapan pemungutan dan penghitungan suara, Mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, serta engawasi persiapan penghitungan suara. 

Kemudian mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan, dan/atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara, dan menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara.

BACA JUGA:Bawaslu Batang Minta Ormas Kabupaten Batang Diminta Pro Aktif Awasi Pilkada Serentak

Selain itu, mereka berkewajiban menyampaikan laporan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara, menyampaikan laporan dugaan pelanggaran pidana pemilihan yang terjadi di TPS kepada Panwas Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa, serta menyampaikan dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kelurahan/Desa.

"Terakhir mereka turut melaksanakan kewajiban lain yang diperintahkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan," imbuhnya.

Pihaknya menyebut ada beberapa tahapan dalam perekrutan ini. Seperti seleksi berkas dan juga seleksi wawancara. (nov) 

Kategori :