Awas! Yuk Ketahui 12 Gejala Paru-Paru Basah pada Anak dan Cara Mengatasinya Sejak Dini Sebelum Parah

Kamis 12-09-2024,15:27 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Kira-kira bagaimana ya gejala paru-paru basah pada anak usia 2 tahun? Yuk cari tahu jawabannya di bawha ini.

Jika kalian mengira paru-paru basah hanya terjadi pada lansia usia 65 tahun ke atas, pendapat kalian salah.

Tidak hanya dialami oleh lansia, tapi paru-paru basah ini juga bisa dialami oleh anak. Bahkan dari bayi pun mereka bisa mengalami paru-paru basah.

Pada dasarnya, anak-anak umimnya lebih berisiko terkena pneumonia karena mereka (anak-anak) memiliki sistem imun tubuh yang lemah dan belum terbentuk sempurna.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Sayuran yang Mampu Menurunkan Kolesterol Jahat Penyebab Stroke dan Sakit Jantung

BACA JUGA:Pola Makan Sehat Konsumsi Buah Apel yang Menyehatkan Jantung dan Tingkatkan Imun Tubuh

Untuk lebih lengkapnya, yuk baca informasi tentang gejala paru-paru basah pada anak di bawah ini.

12 Gejala Paru-Paru Basah pada Anak!

Paru-paru basah atau dalam istilah medis disebut dengan pneumonia ini merupakan kondisi terinfeksinya  salah satu atau kedua paru-paru oleh virus dan bakteri.

Jika kalian mengira paru-paru basah ini hanya dialami oleh lansia, maka kalian salah. Karena, paru-paru basah  ini bisa dialami oleh siapa saja, bahkan anak kecil sekalipun.

Selain karena daya imun yang belum sempurna, faktor yang membuat sang anak mengalami paru-paru basah adalah paparan debu atau asap rokok, tinggal di pemukiman padat penduduk, polusi udara, dan kurang gizi.

BACA JUGA:Inilah Daftar Buah yang Bermanfaat untuk Penyakit Jantung, Ampuh Mencegah Resiko Penyakit Jantung

BACA JUGA:Manfaat Kesehatan Dari Minyak Zaitun, Mendukung Kesehatan Jantung Hingga Menutrisi Kulit

Selain itu, tidak mendapatkan air susu ibu (ASI), tidak mendapatkan vkasi pneumonia dan terlahir prematur juga bisa menjadi faktor yang menjadi penyebab sang anak mengalami pneumonia.

Sementara virus, bakteri, atau jamur yang menjadi penyebab seorang anak mengalami paru-paru basah ini adalah merupakan virus jenis mikroorganisme yakni virus influenza, virus corona, serta bakteri Streptococcus penumoniae dan Mycloplasma Pneumoniae.

Kategori :