Inilah Sederet Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Anemia sampai Mencegah Kanker

Sabtu 21-09-2024,08:07 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

2. Menjaga Kesehatan Mata

Sayuran bayam memiliki manfaat dapat menjaga kesehatan mata. Bayam mengandung tiga jenis karotenoid, yakni beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. 

Tiga jenis karotenoid tersebut dapat menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko terkena gangguan pada mata, seperti degenerasi macula dan katarak. 

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sayuran bayam selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bayam mengandung berbagai senyawa dan nutrisi yang dapat berperan dalam meingkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Senyawa dan nutrisi tersebut seperti folat, magnesium, vitamin A, dan vitamin C. Tubuh dengan sistem kekebalan yang baik tidak mudah terserang penyakit, terinfeksi virus atau bakteri, dan terpapar radikal bebas. 

BACA JUGA:Mencegah Efek Penuaan Dini, Inilah 7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Selain Cegah Sakit di Musim Pancaroba!

BACA JUGA:Sehat dan Menyegarkan! 5 Minuman untuk Mencegah Tubuh Sakit di Musim Pancaroba yang Mudah Dibuat

4. Mencegah Terkena Serangan Penyakit Jantung

Manfaat sayuran bayam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mencegah seseorang terkena serangan penyakit jantung. Sayuran bayam mengandung oksida nitrat.

Oksida nitrat berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah tinggi. Penyebab seseorang terserang penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi. Apabila tekanan darah sudah stabil, kita tidak mudah terserang penyakit jantung.

5. Mencegah Kanker

Kandungan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam sayuran bayam dapat menangkal dan melawan radikal bebas yang memapar tubuh. Dengan mengonsumsi sayuran bayam, tubuh akan terhindar dari paparan radikal bebas dan terhindar dari kanker.

Meskipun demikian, mengonsumsi sayuran bayam saja tidak cukup untuk mencegah kanker. Kita juga mesti menjalani pola hidup sehat dan pola makan sehat. 

Pola hidup sehat dan pola makan sehat yang dapat dilakukan seperti berolahraga secara teratur, mengonsumsi buah dan sayuran, menghindari lemak, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Inilah 6 Vitamin untuk Badan Lemas dan Pegal Agar Kembali Fit dan Aman untuk Lansia 60 Tahun ke Atas!

Kategori :