Apakah Teh Hijau Baik untuk Kesehatan dan Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit? Begini Ulasannya

Minggu 22-09-2024,07:26 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

Teh hijau sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat teh hijau adalah dapat menjaga kesehatan otak. Teh hijau diketahui dapat menurunkan risiko peradangan otak. 

Penelitian yang dilakukan pada Agustus 2022 oleh Xinya Xie dengan judul Key Laboratory of Ministry of Education for Tea Science, Hunan Agricultural University, menjelaskan bahwa teh hijau dapat memperbaiki sel saraf.

Selain itu, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa kandungan L-theanine dan epigallocatechin pada teh hijau dapat meregenerasi sel saraf. Dengan begitu, teh hijau dapat mencegah seseorang terkena Alzheimer.

Tidak hanya itu saja, L-theanine dan kafein pada teh hijau dapat meningkatkan konektivitas lobus parietal kanan ke gyrus frontal tengah pada otak. Dengan demikian, fungsi otak menjadi lebih baik. 

Mengonsumsi teh hijau dapat mencegah dan mengurangi risiko terkena parkinson dan penyakit Alzheimer. 

BACA JUGA:Inilah 5 Ciri-ciri Sakit Asam Urat di Usia Muda Wajib Diwaspadai

BACA JUGA:6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Lansia Usia 65 Tahun ke Atas yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Teh hijau mengandung antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah dan membantu mengatasi masalah jerawat. 

Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih di sekitar kulit wajah, meningkatkan elastisitas kulit, dan mencegah penuaan dini. 

4. Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Stabil

Khasiat the hijau untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil. The hijau diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Apabila kadar kolesterol dalam tubuh terjaga dan stabil, kita tidak mudah terserang penyakit jantung atau bahkan stroke. 

BACA JUGA:Mencegah Efek Penuaan Dini, Inilah 7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Selain Cegah Sakit di Musim Pancaroba!

BACA JUGA:Sehat dan Menyegarkan! 5 Minuman untuk Mencegah Tubuh Sakit di Musim Pancaroba yang Mudah Dibuat

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kategori :