Ini Jawaban Ketua Umum PSSI Erick Thohir Soal Naturalisasi Timnas Indonesia

Sabtu 21-09-2024,12:34 WIB
Reporter : Yanuar Faturahman
Editor : Dony Widyo

Hal tersebut menunjukkan bahwa sepak bola adalah acara global yang melibatkan berbagai latar belakang pemain, dan naturalisasi adalah langkah sah menurut aturan FIFA.

Komitmen untuk Mengutamakan Talenta Berdarah Indonesia

Meskipun FIFA membolehkan naturalisasi pemain asing yang tidak memiliki darah negara tersebut, namun Indonesia melalui PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkomitmen untuk memfokuskan pada talenta terbaik yang memiliki darah Indonesia, baik yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut PSSI, ada banyak talenta berdarah Indonesia yang saat ini bermain di luar negeri, dan mereka sangat berpotensi untuk bisa memperkuat tim nasional.

BACA JUGA:Penampilan Asnawi Ribut dengan Dimas Drajad Bawa Port FC Permalukan Persib Bandung di AFC Cup

BACA JUGA:Kisah Kebangkitan Indonesia Pernah Terpaut 81 Posisi dari Vietnam Kini Cuma Berjarak 13 Peringkat

Salah satu contoh yang diberikan adalah pemain yang ibunya berasal dari Manado. Bahkan, ibunya masih sering pulang ke Manado untuk menjalankan yayasan yang membina tunanetra di sana.

Hal tersebut menunjukkan bahwa meskipun pemain tersebut tinggal dan bermain di luar negeri, namun darah Indonesia tetap mengalir di dalam dirinya. “Mereka sangat Indonesia, jadi jangan pernah pertanyakan merah putih mereka,” tegas perwakilan dari PSSI.

Tanda Nasionalisme Pemain Naturalisasi

Sebagai bukti kecintaan para pemain naturalisasi terhadap Indonesia, PSSI mengungkapkan bahwa ada sebuah video yang memperlihatkan salah satu pemain naturalisasi, Mees Hilgers, yang tiba-tiba membawa bendera merah putih saat bermain dengan klubnya di luar negeri.

Dia kemudian mengibarkan bendera tersebut dan berfoto dengannya, yang mana hal tersebut menunjukkan betapa kuatnya rasa nasionalisme dan kecintaannya terhadap Indonesia.

BACA JUGA:Beri Naturalisasi Pemain Sepak Bola, Kemenkumham Dukung Jalan Timnas Indonesia menuju Piala Dunia 2026

BACA JUGA:Yeom Ki Hun Siap Blusukan ke Belanda, Posisi Marselino Terancam, Tekad Miliano Wujudkan Mimpi Ayahnya

Tindakan seperti ini menjadi simbol bahwa pemain naturalisasi tetap memiliki rasa cinta tanah air yang mendalam.

Mereka tidak hanya bermain untuk tim nasional demi karier, tetapi juga memiliki komitmen untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah sepak bola internasional.

Naturalisasi pemain dalam sepak bola bukanlah hal baru dan telah dilakukan oleh banyak negara dengan hasil yang positif.

Kategori :