Malas Berolahraga Bisa Merupakan Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Kanker Lho, Cek Faktanya di Sini!

Kamis 26-09-2024,15:31 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Tidak hanya mudah lemas dan lelah, ketika seseorang malas berolahraga juga bisa menjadi faktor utama yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh secara abnormal.

Menurut sebuah penelitian dari World Cancer Research memperkirakan bahwa setidaknya 18% dari semua kanker kurangnya aktivitas fisik dan tubuh menjadi gemuk hingga obesitas.

2. Pola Makan yang Tidak Sehat

Selain malas berolahraga, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi pemicu timbulnya kanker dalam tubuh.

Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti garam, gula, dam lemak yang tinggi dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Nah, peradangan inilah yang dapat memicu penyakit kanker dalam tubuh.

BACA JUGA:Awas 7 Makanan Enak yang dapat Memicu Timbulnya Kanker Ini Belum Diketahu Banyak Orang!

BACA JUGA:Ini Dia 8 Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat yang Wajib Diketahui!

Untuk itulah, kurangi makanan tinggi gula seperti donat, cokelat, serta makanan cepat saji. Kalian bisa mengganti makanan tersebut dengan makanan yang bernutrisi tinggi serta perbanyak sayur dan buah.

Selain itu, daging merah atau daging olahan seperti bacon, ham, smooked beef, salami dan sosis juga bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker seperti kanker pankreas, kanker usus, kanker lambung, dan lain sebagainya.

Sementara untuk makanan yang mengandung tinggi lemak juga bisa menurunkan kinerja tubuh yang mana dapat meningkatkan risiko kanker.

3. Stres yang Berlarut

Stres dan cemas merupakan salah satu hal yang biasa dialami banyak orang. Namun, tahukah kalian apabila stres dan kecemasan yang berlarut ini dapat menyebakan kanker.

BACA JUGA:4 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Paru-Paru Basah, Yuk Hindari Agar Tidak Semakin Parah!

BACA JUGA:Ini Dia 6 Makanan yang Menyehatkan Mata Wajib untuk Kamu Tahu

Hal ini dikarenakan, respons tubuh terhadap stres seperti peningkatakan tekanan darah, jantung cepat, dan melonjanya kadar gula darah yang jika didiamkan begitu saja bisa menyebabkan kanker.

Selain itu, stres kronis cenderung membuat seseorang merokok, makan-makanan manis yang berlebih, tidak banyak bergerak dan kebiasan buruk lainnya yang dapat memicu kanker.

Kategori :