Awas 4 Penyakit Kronis yang Ditandai dengan Sendawa Terlalu Sering dalam Sehari yang Sering Disepelekan!

Sabtu 28-09-2024,09:11 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Nah, bersendawa terlalu sering inilah yang perlu kita waspadai. Karena bisa jadi ada penyakit kronis yang ditandai dengan sendawa terlalu sering tanpa kita sadari.

Adapun tanda-tanda munculnya penyakit kronis yang  ditandai dengan bersendawa terus menerus atau berulang kali ini adalah sebagai berikut

BACA JUGA:Malas Berolahraga Bisa Merupakan Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Kanker Lho, Cek Faktanya di Sini!

BACA JUGA:5 Bahaya Saat Tidur Lampu Menyala dengan Terang untuk Kesehatan, Hal Sepele yang Dapat Merusak Tubuh!

1. Infekso Bakteri H.Pylori

Pernahkah kalian mendengar tentang bakteri Helicobacter Pylori ini? Bakteri ini merupakan penyebab utama dari penyakit tukak lampung.

Sedangkan pada kasus yang  parah, bakteri Helicobacter Pylori ini bisa menyebabkan penyakit gastritis dan kanker lambung.

Bakteri Helicobacter Pylori sendiri merupakan bakteri yang hidup di lapisan lendir saluran pencernaan yang mana dapat menyebabkan peradangan dan luka iritasi pada lambung dan usus halus.

Biasanya seseorang yang terinfeksi bakteri ini akan muncul gejala mual, perut terasa sakit dan perih, penurunan berat badan yang drastis, begah, sering sendawa, kehilangan nafsu makan, hingga sulit menelan.

Bagi kalian yang muncul gejala-gejala tersebut langsung saja konsultasi ke dokter, dan nantinya  dokter akan meresepkan antibiotik.

BACA JUGA:Awas, Inilah 7 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Kesehatan Tanpa Kalian Sadari Kalian Lakukan Setiap Hari!

BACA JUGA:Jangan Sepelekan! Inilah 6 Khasiat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

2. Sindrom Iritasi Usus

Penyakit kronis yang ditandai dengan sendawa terlalu sering dalam sehari yang selanjutnya adalah sindrom iritasi usus atau dikenal dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Sindrom iritasi usus ini merupakan gangguan pencernaan yang mana penderitanya dapat mengalami gejala kram perut, kembung, sering sendawa, diare, hingga sembelit.

Sindrom iritas usus ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kontraksi otot usus, sistem saraf, peradangan pada usus, infeksi berat, hingga ketidakseimbangan jumlah bakteri baik dalam usus.

Kategori :