Cegah Banjir, DPU-PR Siagakan Satgas Normalisasi Drainase

Sabtu 11-01-2020,16:40 WIB

SIAGA - Satgas normalisasi drainase dari DPU-PR disiagakan setiap hari untuk melakukan membersihkan di saluran-saluran guna mencegah terjadinya banjir.

KOTA - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Kota Pekalongan menyiagakan Satgas yang bertuga suntuk melakukan normalisasi saluran drainase di Kota Pekalongan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada DPU-PR, Khaerudin, mengatakan bahwa terdapat sekitar 15 orang Satgas DPU-PR yang selalu turun setiap hari memantau saluran drainase untuk keperluan normalisasi. Terutama saat memasuki musim penghujan seperti saat ini.

"Setiap hari kami turunkan petugas atau Satgas untuk menyisir dan membersihkan saluran drainase di beberapa lokasi yang ada di Kota Pekalongan. Karena memasuki musim hujan saat ini banyak sedimen tanah dan sampah yang menutupi saluran drainase sehingga terkadang menyebabkan saluran menjadi mampet atau buntu," terang Khaerudin.

Satgas yang membersihkan saluran tersebut, lanjut Khaerudin, dibantu dua unit armada setiap regunya. Menurut Khaerudin, pengurasan saluran drainase dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan yang sebelumnya telah dilakukan survey terlebih dahulu.

"Biasanya kami menerima laporan masuk dari masyarakat, dan juga rutin memonitoring kondisi saluran-saluran drainase di Kota Pekalongan yang perlu penanganan dimana saja. Titik-titik perbaikan drainase sudah kami lakukan sejak tahun 2019 dan berlanjut di tahun 2020 ini juga tetap dilakukan. Selain itu, kami melakukan pemeliharaan saluran drainase dimana setiap saluran drainase kami pasang jeruji besi yang berfungsi untuk menjaring sampah dan sedimen tanah," jelas Khaerudin.

Kemudian sampah yang tersangkut di jeruji itu dibersihkan secara berkala, maka tidak akan ada lagi penumpukan sampah dan air pun dapat mengalir dengan lancar. "Ketika saluran drainase ini sudah diperbaiki dan dilakukan pemeliharaan maka masyarakat kami minta ikut andil untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan agar saluran air menjadi lancar dan tidak menimbulkan bencana banjir," tandasnya.(nul)

Tags :
Kategori :

Terkait