Polisi Sasar Kendaraan Bawa Peledak

Selasa 29-10-2019,15:50 WIB

**Cipta Kondisi di Jalur Pantura

RAZIA - Sejumlah kendaraan yang melintas di jalur Pantura Wiradesa diperiksa oleh Tim Gabungan Polres Pekalongan dalam Razia Cipta Kondisi di IBC Wiradesa.

PANTURA - Sejumlah Tim Gabungan Polres Pekalongan diterjunkan dalam razia Cipta Kondisi di Jalur Pantura Wiradesa, kemarin malam. Sasaran razia anggota yakni berupa bahan peledak, senjata api, narkoba dan barang hasil kejahatan.

Seperti dilakukan operasi di IBC Wiradesa Jalan Raya Ahmad Yani Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Razia dengan menerjunkan 60 personil gabungan dari berbagai fungsi dipimpin oleh Kabag Ops Kompol GN. Simatupang.

Dalam pelaksanaan operasi cipta kondisi tersebut dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap para pengguna kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat, termasuk mobil box maupun bus. Selain melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan, petugas juga memeriksa bagasi dan tempat-tempat yang memungkinkan digunakan untuk menyimpan barang terlarang seperti narkoba, senjata tajam ataupun senjata api.

Seperti razia malam kemarin. Petugas tidak hanya melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat SIM dan STNK saja, tetapi juga memeriksa yang lain sebagai langkah mencegah maraknya peredaran kendaraan bermotor hasil curanmor.

"Kegiatan kali Ini juga untuk mengantisipasi aksi kejahatan jalanan, seperti perampasan, perampokan, membawa senjata tajam, bahan peledak hingga senjata api," terangnya.

Razia dikhususkan mobil pribadi, mobil bak terbuka maupun mobil box. Semua dihentikan oleh petugas untuk diperiksa satu persatu isi muatannya. Namun dalam razia tersebut Polisi tidak mendapati kendaraan yang membawa barang berbahaya. Dalam kegiatan itu, petugas hanya melakukan penindakan terhadap 25 pelanggar dengan tilang.

Kabag Ops Polres Pekalongan, Kompol GN Simatupang, mengatakan, kegiatan operasi cipta kondisi ini dilaksanakan untuk mengantisipasi para pelaku pencurian kendaraan bermotor, kepemilikan senjata api, sajam atau bahan peledak serta mengantisipasi kejahatan lainnya.

"Selain melaksanakan operasi cipta kondisi, Polres Pekalongan beserta Polsek jajaran juga selalu melakukan patroli rutin terutama di tempat-tempat Obvit, pemukiman penduduk dan tempat-tempat yang dianggap rawan guna untuk mengantisipasi kejahatan," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian disarankan untuk membawa barang seperlunya dak tak lupa membawa kelengkapan surat surat. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait