Wajib Tahu! 3 Langkah Gejala dari Kanker Usus Besar dan Cara Mengobatinya Sesuai dengan Gejala yang Dialami

Rabu 09-10-2024,13:27 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Tahukah kalian bahwa ada banyak step gejala dari kanker usus besar dan kalian wajib banget untuk mengetahuinya sejak dini.

Dengan kita mengetahui gejala dari penyakit kanker usus besar tersebut sejak dini, kita bisa segera mengobati penyakit kronis tersebut sebelum terlambat.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu akan gejala kanker usus besar ini dan menganggapnya sebagai gejala masalah pencernaan biasa yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Hal ini dikarenkan, seseorang yang menderita kanker usus besar ini akan mengalami 3 step yakni stadium awal, stadium lanjut, dan tadium akhir.

BACA JUGA:Wajib tahu! Inilah 5 Penyebab Kanker Usus Besar dan Gejalanya yang Marak Dibicarakan Gen Z

BACA JUGA:Asam Urat Kabur Seketika! Inilah 5 Makanan Enak untuk Menurunkan Asam Urat yang Aman Dikonsumsi

Adapun gejala dari kanker usus besar yang masih memasuki stadium 1 yaitu seperti diare atau sembelit, perut kembung, sakit atau kram perut, perubahan bentuk dan warna feses atau tinja, serta BAB berdarah.

Jika dilihat-lihat gejala pada stadium awal dari penyakit kanker usus besar ini hampir mirip dengan seseorang yang mengalami ambeien dan diare dan hanya membeli obat untuk mengatasi ambeien dan juga diare.

Penderita kanker usus besar yang sudah mengalami gejala stadium awal dan tidak segera diberikan penanganan oleh dokter ahli akan memasuki stadium lanjut.

Adapun gejala dari kanker usus besar yang memasuki stadium lanjut yakni berupa kelelahan, sering merasa BAB tidak tuntas, perubahan pada bentuk feses yang terjadi lebih dari satu bulan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 7 Faktor Penyebab Kanker Usus Besar yang Dialami Dewasa Usia 26 Hingga Lansia 50 Tahun ke Atas

BACA JUGA:5 Menu Sarapan yang Aman untuk Penderita Asam Urat yang Enak dan Lezat, Dijamin Asam Urat Lari Terbirit-Birit!

Selain semua gejala di atas, penderita kanker usus besar juga akan mengalami penurunan berat badan yang drastis.

Nah, jika tubuh sudah memasuki gejala stadium lanjut tapi tetap dibiarkan maka kanker usus besar akan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada saat itu, akan timbul gejala mulai dari sakit kuning atau ikterus, sakit kepala, pandangan kabur, sesak napas, pembengkakan pada lengan dan tungkai, hingga patah tulang.

Kategori :