Jangan Panik, Ternyata Ini Penyebab Knalpot Motor Matic Keluar Asap Putih!

Rabu 16-10-2024,16:00 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

Bahan bakar yang terkontaminasi, atau dalam kondisi yang tidak bersih dapat memproduksi residu terbakar dengan tidak sempurna.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kamu harus mengisi bahan bakar sesuai dengan anjuran pabrik, agar motormu tidak ngebul atau mengeluarkan asap.

BACA JUGA:All New Hong Guang EV Resmi Meluncur Sebagai Sebuah Jawaban dari Konsumen yang Mencari Mobil MPV Listrik!

BACA JUGA:Aksi Pecco Bagnaia Selalu Menarik Perhatian Para Penggemar MotoGP, Persaingannya Semakin Ketat!

3. Filter Udara Rusak

Penyebab knalpot motor matic keluar asap putih, yang selanjutnya juga bisa disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada filter udara.

Biasanya, filter udara yang kotor ataupun tersumbat, dapat menghambat aliran udara untuk masuk ke dalam mesin motor matic.

Ketika aliran udara ini tidak lancar, campuran bahan bakar menjadi lebih beragam, dan akhirnya menjadikan pembakaran tidak sempurna.

Setelah itu, menyebabkan knalpot motor mengeluarkan asap berlebihan, oleh karena itu disarankan untuk rutin mengganti filter udara secara rutin.

BACA JUGA:Seperti Duduk di Sofa Rumah, 5 Motor Matic dengan Suspensi Empuk Ini Nyaman Kamu Kendarai Jarak Jauh!

BACA JUGA:Yamaha Fazzio Hybrid Lux 2024 Hadir dengan Tampilan yang Lebih Modern dan Classy, Harganya Terjangkau!

4. Sistem Pendingin Mengalami Kerusakan

Selanjutnya, sistem pendingin udara yang tidak berfungsi dengan baik, juga dapat menyebabkan mesin mengalami overheating.

Ketika suhu mesin ini terlalu tinggi, maka akhirnya menyebabkan pembakaran berjalan tidak sempurna, dan akhirnya menimbulkan asap berlebih dari knalpot.

Biasanya, beberapa komponen yang rawan mengalami kerusakan dan menyebabkan keluarnya asap adalah, radiator, pompa air dan komponen lain.

BACA JUGA:Kamax Super Pro 125 2024 Siap Menyapa Penggemarnya, Harga Lebih Terjangkau Fiturnya Melimpah!

Kategori :