Tiga Terobosan Wihaji Dukung UMKM

Senin 27-01-2020,13:17 WIB

Bupati Wihaji melihat produk UMKM yang ikut dipamerkan. (MD Thufail)

BATANG - Guna mendukung tumbuh kembang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah setempat, Bupati Batang Wihaji akan menggulirkan beberapa terobosan luar biasa dalam waktu dekat.

Ditemui usai menghadiri Launching Paguyuban UMKM Batang Bersatu (PUBBER) di Pendopo Pemkab Batang, Senin (27/1/2020), Bupati Wihaji menyebutkan sedikitnya ada tiga terobosan yang akan dilaksanakan.

"Pertama, kita akan mencoba untuk memasarkan produk produk UMKM di Kabupaten Batang dengan menggelar event bertajuk 'Pasartiban UMKM'. Di mana dalam event tersebut kita khususkan untuk para pegiat UMKM. Mereka kita beri ruang untuk menampilkan produk produk kreasinya," katanya.

Event tersebut, kata Wihaji, akan digelar secara rutin dan berkelanjutan, dengan lokasi yang berpindah pindah. "Akan kita kaji terlebih dahulu, kita mempunyai keinginan agar event ini dapat digelar setiap satu mingu sekali atau satu bulan sekali. Untuk lokasinya, kita wacanakan berpindah pindah, dari satu kecamatan ke kecamatan lain," bebernya.

Selanjutnya, Bupati Wihaji juga mencetuskan terobosan agar setiap SKPD di lingkungan Pemkab Batang diwajibkan untuk membeli produk olahan UMKM setiap kali ada kegiatan (rapat, sosialisasi, dll).

"Saya mewajibkan bagi seluruh SKPD agar membeli produk produk UMKM Batang apabila menggelar kegiatan. Terkait tekhnisnya, nanti bisa digilir, agar semua produk bisa tercover," jelasnya.

Terakhir, Bupati Wihaji mencetuskan akan membuat pemecahan rekor muri, untuk mendukung produk olahan kopi khas Kabupaten Batang.

"Kita akan mencoba membuat pemecahan rekor muri dengan menghidangkan 50 ribu gelas kopi untuk diminum bersama sama. Sebab, rekor sebelumnya sudah ada yang membuat dengan jumlah 35 ribu gelas kopi. Saya meyakini, dengan cara ini, produk kopi Batang akan semakin melejit terkenal," pungkasnya. (fel) yang

Tags :
Kategori :

Terkait