2019, Ditargetkan Ada Puskesmas yang Raih Akreditasi Paripurna

Kamis 05-09-2019,16:50 WIB

BATANG - Hingga tahun ini, belum ada Puskesmas di Kabupaten Batang yang menyandang akreditasi paripurna. Oleh karenanya, Dinkes Batang berharap tahun ini ada salah satu Puskesmas yang meraih akreditasi paripurna.

TANDA TANGANI - Karyawan Puskesmas Subah menandatangani komitmen bersama untuk meningkatkan mutu pelayanan dan SDM. NOVIA ROCHMAWATI

Kali ini, ada sembilan puskesmas yang akan melakukan re-akreditasi. Dua di antaranya, Puksesmas Subah dan Puskesmas Bandar I diharapkan bisa mendapatkan predikat paripurna tahun in

"Tahun ini, 21 Puskesmas sudah terakreditasi, ada yang dasar, madya maupun utama. Namun, memang hingga kini belum ada yang meraih akreditasi paripurna. Dan diharapkan di re-akreditasi kali ini, ada yang bisa meraih status paripurna, yakni Puskesmas Bandar I dan Puskesmas Subah yang saat ini sudah meraih akreditasi Utama," terang Kepala Dinkes Batang, dr Hidayah Basbeth, Rabu (4/9).

Tahun ini, ada total sembilan puskesmas yang akan menjalani re-akreditasi tiap tiga tahun sekali. Yakni Puskesmas Banyuputih, Puskesmas Gringsing 2, Puskesmas Bandar 1, Puskesmas Subah, Puskesmas Batang 1, Puskesmas Batang 2, Puskesmas Blado 1, Puskesmas Bawang, dan Puskesmas Kanndeman.

"Persiapan yang utama selain adminstrasi tentunya komitmen untuk peningkatan mutu pelayanan. Kami juga sebelumnya telah melakukan workshop untuk peningkatan mutu dan SDM. Rencananya, re akreditasi ini akan dimulai September hingga November mendatang," pungkas Hidayah.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Subah, dr Ida Susilaksmi menjelaskan, tahun ini pihaknya berharap bisa mendapatkan akreditasi paripurna. Pasalnya di re-akreditasi tiga tahun sebelumnya Puskesmas Subah sudah mendapatkan akreditasi utama.

"Ada yang saat reakreditasi hasilnya naik, ada yang tetap bahkan ada yang malah turun tingkat. Kalau untuk Puskesmas Subah sendiri harapannya minimal bisa mempertahankan akreditasi utama. Syukur-syukur bisa naik.jadi paripurna," harapnya. (nov)

Tags :
Kategori :

Terkait