Cegah Karhutla, Intensifkan Patroli

Jumat 20-09-2019,16:40 WIB

MONITORING RUTIN - IPDA Agus Supriyanto dan Bripka Dede Wicaksono memeriksa ladang tebu yang rawan terbakar, Kamis (19/09).

BATANG - Menghadapi musim kemarau dan kekeringan yang rawan terjadinya kebakaran, Polsek Gringsing intensif memberi penyuluhan tentang bahaya dan pencegahan kebakaran kepada masyarakat. Setiap hari, selalu ada anggota yang patroli rutin ke wilayah yang mempunyai kerawanan tinggi bahaya kebakaran. Bhabinkamtibmas juga diberi tugas tambahan memberikan penyuluhan.

Kapolsek Gringsing, AKP Sugiyanto menjelaskan, bahaya kebakaran di tahun ini lebih tinggi karena kemarau panjang dan bersamaan dengan panen tebu. Hutan jati juga mendapat pengawasan khusus bersama Perhutani yang menerjunkan Polhut untuk patroli bersama.

"Pekerja tebu biasanya membakar sisa tebangan di lokasi tanpa perhitungan. Untuk itu, anggota kami memberikan penyuluhan agar cara membakarnya diberi sekat antar tumpukan. Cara ini membuat api bisa dilokalisir dan tidak merambat ke lokasi lain," terang Sugiyanto.

Menurut dia, selain mencegah bahaya kebakaran, pihaknya juga memberikan cara memadamkan api skala kecil. Masyarakat menyambut baik penyuluhan tersebut. Petugas keamanan PTPN IX dan Satpam pabrik di wilayah Gringsing juga aktif dan ikut memberikan penyuluhan. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait