2020, Pemanfaatan Sigesing Dimulai

Senin 16-12-2019,17:55 WIB

KUNKER - Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan didampingi Direktur PDAM Tirta Kajen meninjau lokasi Ciblon Sigesing.

Wacana pemanfaatan air di area Wisata Ciblon Sigesing tahun 2020 segera dimulai. Guna memastikan kesiapan, Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan melakukan monitoring ke lokasi di Desa Watu gajah Kecamatan Kesesi, Jumat (12/12).

Kunjungan Kerja Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan diwakili Wakil Ketua Komisi, Candra Saputra bersama rombongan. Mereka didampingi oleh Direktur PDAM Tirta Kajen, PSDA dan Pertanian. Rombongan juga secara langsung mengecek debit air dengan mengelilingi sungai sekitar menggunakan perahu.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Candra Saputra, menyampaikan dari hasil monitoring, dengan pemanfaatan air ternyata tidak mengurangi debit air pertanian.

"Sesuai target nanti hasilnya bisa dinikmati masyarakat sampai 600 rumah dan itu jangka waktunya rencananya 5 tahun. Namun apabila debit airnya cukup bagus sekali maka akan ditambah, dan ini ternyata untuk pasokan air pertaniannya juga masih tercukupi," katanya..

Dengan debit air tersebut, apabila sudah terbangun SPAM warga Kesesi dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan air PDAM. Karena disini juga masih ada berapa jenis dan kualitas airnya sangat bagus.

Sementara Direktur PDAM Tirta Kajen Abdul Wachid menyampaikan, pihaknya sudah mengirim surat ke pusat terkait pemanfaatan air untuk pasukan musim kemarau. Saat ini tinggal menunggu neraca air dari Pusdataru.

"Kalau sudah keluar dapat neraca air itulah baru nanti kita mulai perencanaan, harapannya sih kalau bisa kita kerja keras untuk program di tahun 2020. Sehingga dalam satu tahun itu sudah bisa kita manfaatkan sementara untuk Kesesi, oleh karena itu kita namakan SPAM Kesesi," katanya. (Yon)

Tags :
Kategori :

Terkait