207 Kades di Kabupaten Pekalongan Digembleng di Bandung

Selasa 18-02-2020,20:32 WIB

Kepala Dinas PMD, P3A, PPKB Kabupaten Pekalongan, M Afib

KAJEN - Sebanyak 207 kepala desa di Kabupaten Pekalongan digembleng di Bandung, Selasa (18/2/2020) hingga Sabtu (22/2/2020). Diharapkan, para kades bisa optimal dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya sebagai kepala desa, yakni sebagai leader maupun sebagai manager.

"Ini merupakan program regulasi yang menyatakan kepala desa yang dilantik itu pemkab wajib memfasilitasi mereka untuk melakukan pembekalan," terang Kepala Dinas PMD, P3A, PPKB Kabupaten Pekalongan, M Afib, dihubungi Radar, Selasa (18/2/2020).

Oleh karena itu, lanjut dia, sebanyak 207 kepala desa yang baru dilantik, terdiri atas 206 kades penuh waktu dan 1 kades antarwaktu, mulai hari Selasa (18/2/2020) kemarin mengikuti pembekalan sampai hari Sabtu (22/2/2020) di PPSDM Kemendagri di Bandung.

Dikatakan, para kades ini akan mendapatkan materi dasar, seperti tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan, membuat produk hukum desa, dan yang paling mendasar adalah untuk perubahan karakter.

Diharapkan, kepala desa bisa optimal dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya sebagai kepala desa, yakni sebagai leader maupun sebagai Manager. Sehingga, kata dia, kades akan mampu untuk mengeksplore seluruh potensi yang ada di desa masing masing menjadi sebuah potensi dalam rangka membangun desa untuk bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Narasumber dari Kemendagri. Pak Bupati juga akan ngisi Insya Allah Jumat besok," kata dia. (had)

Tags :
Kategori :

Terkait