32 Desa Dinilai Sukses Gelar Pilkades Tanpa Money Politik

Minggu 29-09-2019,16:51 WIB

Bupati dan Kapolres bersama Kepala Biro Pengendalian Operasional Polda Jateng saat meninjau pelaksanaan Pilkades di Desa Kepuh. (Dok Istimewa)

BATANG - Sebanyak 205 desa di Kabupaten Batang, Minggu (29/9/2019) telah menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Dari jumlah tersebut, 34 desa sukses melaksanakan pilkades tanpa politik uang atau money politik.

"Pemilihan kepala desa tanpa politik uang merupakan gerakan moral dari masyarakat di 34 desa, kedepan Pemkab Batang akan lebih mengapresiasikannya, sehingga desa lain bisa melaksanakan hal yang sama," ujar Bupati Batang, Wihaji saat meninjau pelaksanaan Pilkades di Desa Kepuh, Kecamatan Limpung.

Bupati Wiihaji menjelaskan, bahwa gerakan moral Pilkades tanpa politik uang di 32 desa sebagai formula awal, yang diharapkan menjadai contoh desa lainya. Hal ini agar politik uang tidak membudaya karena kasihan dengan calon kepala desanya.

"Semoga yang terpilih bisa melaksanakan tugas dengan amanah, dan manfaat bagi desanya, " harap Bupati Wihaji.

Kepala Biro Pengendalian Operasional Polda Jateng Kombes Pol Hariyanto mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan langsung bersama Bupati Wihaji dan Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga di Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman, Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, Desa Kepuh Kecamatan Limpung.

"Hasil Pantaun sementara masih aman dan kondusif, kalau di Desa Ujungnegoro data pemilih sampai 5.000 lebih dan berlangsung aman," kata Kombes Pol Hariyanto.

Kombes Hariyanto menjelaskan, 34 desa yang komitmen tanpa politik uang sesuai pantauan dilapangan belum ada temuan. Selain itu, Polres Batang juga sudah menerjukan tim satuan tugas anti money politik dan satgas anti botoh.

"Untuk saat ini belum ada temuan kasus money politik maupun bobotoh, semoga sampai penghitungan dan pelaksanaan pelatikan pilkadea bisa berjalan kondusif dan aman," haral Kombes Pol Hariyanto.

Adapaun 34 desa yang tanpa money polutik yakni Kecamatan Gringsing : Desa Yosorejo, Desa Tedunan, Desa Ketanggan, Desa Plelen, Desa Kebondalem. Kecamatan Reban : Desa Reban, Desa Sukomangli, Desa Tambakboyo, Desa Pacet, Desa Ngadirejo, Desa Mojotengah, Desa Kalisari.Kecamatan Bawang : Desa Candirejo dan Desa Pangempon. Kecamatan Pecalungan : Desa Pecalungan, Kecamatan Wonotunggal : Desa Sodong, Desa Kreyo, Desa Kemligi, Desa Silurah, Desa Brokoh, Desa Dringo, Kecamatan Bandar : Desa PesalakanKecamatan Blado : Desa Bismo, Kecamatan Limpung : Desa Kepuh, Kecamatan Subah : Desa Kemiri Barat, Desa Mangunharjo, Desa Jatisari. (red/hmb)

Tags :
Kategori :

Terkait