Pantauan Pilkades, Ketua BK DPRD Kabupaten Pekalongan Tak Temukan Anduman Pada Pemungutan Suara Pilkades

Rabu 13-11-2019,14:02 WIB

KAJEN - Untuk mengetahui secara langsung proses pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang berlangsung Rabu (13/11/2019), Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan , Edy Haryanto melakukan pemantauan lapangan. Pemantauan dilalukan di Desa Nyamok dan Pekiringan Alit, Kecamatan Kajen.

Menurut Ketua Badan Kehormatan dan Anggota Komisi B DRPD Kabupaten Pekalongan itu, jalannya pilkades serentak ini sudah cukup bagus dan teratur. Pihaknya tidak menemukan kendala yang bisa mengganggu jalannya pilkades serentak ini.

"Alhamdulillah dari 2 desa yang saya kunjungi semuanya berjalan aman dan kondusif, masyarakat sangat antusias sampai terjadi antrian untuk kegiatan pemilihan sendiri walaupun tidak terlalu panjang," ujarnya.

Selain itu, Edy juga memastikan bahwa kegiatan anduman dalam pilkades serentak ini tidak terjadi didaerah yang dia datangi tadi. Karena sesuai dengan amanat dari Bupati Pekalongan bahwa pilkades serentak ini harus berkualitas dan bermartabat serta tolak anduman.

"Saya tadi tanya kepada beberapa pemilih bahwa mereka katanya tidak mendapatkan anduman sama sekali ataupun serangan fajar," ucapnya.

Edy juga berharap agar siapapun yang jadi dalam pilkades ini merupakan pilihan rakyat dan berpesan kepada calon kepala desa yang jadi bisa menjalankan tugas dan amanahnya sesuai dengan harapan masyarakat.

"Pesan saya kepada calon yang jadi agar bisa mengayomi masyarakat, pembangunan di desa juga harus terus dilakukan agar desa lebih maju dan mandiri. Serta terkait dengan dana desa agar digunakan untuk kemajuan desa yang muaranya untuk masyarakat desa itu sendiri," tandasnya.

Sementara itu, Ketua P2KD Desa Pekiringan Alit, Tjahjono menerangkan bahwa dalam pelaksanaan pilkades di Desa Perikiringan Alit sendiri ada 2 calon dan sampai pukul 12.00 WIB sudah mencapai kurang lebih 80% dengan total pemilih 2.905 orang.

"Antusias warga sangat bagus, jam 7 pagi sudah ada yang datang padahal kegiatan pemilihan sendiri dimulai jam 8 pagi," pungkasnya.

Dalam pemilihan sendiri dibagi perwilayah agar menghindari penumpukan dalam pemilihan. Untuk partisipasi pemilih sendiri diperkiarakan mencapai angka 90% dari total keseluruhan serta kegiatan pilkades ini nanti akan ditutup pukul 14.00 WIB.

Tags :
Kategori :

Terkait