Menghalau Perilaku Koruptif dengan Keterbukaan

Selasa 10-12-2019,12:30 WIB

PIMPIN UPACARA - Wakil Bupati Suyono memimpin jalannya upacara Hari Anti Korupsi Sedunia.

BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia dengan menggelar upacara di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (7/12).

Membacakan sambutan Gubernur Jateng, Wabup Suyono menyampaikan, bahwa apel Hari Anti Korupsi Sedunia bertujuan memberikan semangat dan contoh hidup kepada jajaran ASN dilingkup Pemkab Batang tentang perjuangan founding father dalam gerakan anti korupsi.

Menurutnya, di Jawa Tengah sejak tahun 2013 telah dicanangan gerakan "Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi", yang bertujuan mendobrak cara lama, gerakan yang cenderung dapat menimbulkan korupsi dilawan dengan sebuah sistem serta keterbukaan.

"Walaupun gerakan tersebut masih jauh menghilangkan perilaku korupsi, akan tetapi kita tetap berupaya keras perkuat upaya pemberantasan korupsi serta merubah pola pikir SDM untuk menuju Jawa Tengah yang semakin bermartabat," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, tak hanya ditingkat provinsi saja yang harus dirubah. Namun di semua lini pemerintahan, baik tingkat kabupaten/kota juga seluruh pelosok Jawa Tengah. Seperti Mahasiswa, SMA, SMK bahkan SLB juga harus direkrut untuk menjadi agen-agen anti korupsi dengan harapan ke depan para generasi bangsa memiliki pondasi yang kuat untuk menegakkan keberanian dan kejujuran.

"Semoga dihari Anti Korpsi Sedunia ini, KPK sebagai ujung tombak mandat reformasi bersama kejaksaan dan polri dapat merubah mental pejabat hingga rakyat untuk terus berbenah menjauhi korupsi," tutupnya. (fel)

Tags :
Kategori :

Terkait