Pendampingan dan Pemberdayaan BRI Buat UMKM Lebih Siap Go Global, Brand Kuliner Tembus Pasar Internasional
Restu Mande, brand kuliner asal Bandung yang tampil di ajang FHA Food & Beverage 2025 di Singapura pada 8–11 April 2025, membawa rendang dan bumbu khas Minang ke hadapan pasar internasional. -istimewa-
“BRI tidak hanya memberi akses pembiayaan, tetapi juga pembinaan, pelatihan manajemen bisnis, serta fasilitasi untuk ikut serta dalam pameran dan expo nasional maupun internasional. Pendampingan ini sangat membantu kami dalam hal peningkatan kapasitas produksi maupun kualitas manajemen perusahaan, memperluas networking dan pasar, serta branding,” jelasnya.
BRI telah mendampingi Restu Mande sejak 2020 melalui program Inkubator Bisnis BRI untuk UMKM, yang mengkurasi pelaku usaha potensial untuk naik kelas. Selain pembiayaan, BRI memberikan pelatihan manajemen, pendampingan ekspor, serta membuka akses ke pasar global.
Restu Mande telah mengikuti berbagai ajang yang difasilitasi oleh BRI, seperti BRI UMKM EXPO(RT), Indonesia Trade Mission to Singapore 2023, dan FHA Food & Beverage 2025 di Singapura sebagai upaya perluasan pasar ekspor.
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa pencapaian Restu Mande merupakan bukti bahwa UMKM Indonesia dapat bersaing secara global dengan dukungan yang tepat. Ia menekankan pentingnya sinergi antara pelaku usaha dan lembaga keuangan.
“Restu Mande menunjukkan bahwa dengan proses pemberdayaan yang terarah, pengusaha UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar global secara berkelanjutan. Dalam hal ini, BRI berperan sebagai enabler yang menjembatani potensi usaha dengan akses pasar hingga peluang ekspor”, pungkas Hendy. (*)
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

