Cek Kondisi Kesehatan Lewat Jari, Mungkinkah?

Cek Kondisi Kesehatan Lewat Jari, Mungkinkah?

Ujung jari menggelembung

Dalam kedokteran, istilah ini disebut clubbing finger atau jari tabuh, yaitu terjadinya penggelembungan pada ujung-ujung jari. Jari jadi lebih lebar dan membulat, sehingga bentuknya jadi menyerupai stik drum. Orang-orang yang memiliki masalah pada paru dan jantung dapat menemukan perubahan ini pada jari dan kukunya.

Penyebab dari jari tabuh adalah penumpukan cairan pada jaringan lunak yang berada di ujung jari. Kondisi ini juga dihubungkan dengan hipoksia kronis atau kekurangan oksigen dalam jangka waktu lama.

Pembuluh darah pada jari merupakan pembuluh darah perifer atau tepi. Dengan adanya keadaan kekurangan oksigen, pembuluh darah di jari akan mengalami pelebaran, sehingga akan ada lebih banyak darah yang mengalir. Jika pelebaran pembuluh darah ini bersifat permanen, maka akan menyebabkan jari tabuh.

Benjolan di sendi jari

Kondisi benjolan ini disebut sebagai tofus. Tofus merupakan gejala dari hiperurisemia atau penyakit asam urat yang biasanya disertai kemerahan dan nyeri pada benjolan.


Bercak merah pada jari

Bercak merah pada jari yang disertai dengan kemerahan di telapak tangan bisa jadi tanda penyakit lever yang serius, yaitu sirosis hati. Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah kulit menjadi kekuningan, muntah darah, lesu, perut bengkak dan terlihat gambaran uratnya, serta pembesaran payudara pada pria.

Biasanya kebanyakan orang cek kondisi kesehatan ke dokter kalau merasakan gejala pada tubuhnya mengganggu dan gejala di jari seringkali dianggap sepele. Padahal, bisa jadi gejala penyakit serius lo. Saat ini, Anda sudah mempunyai kesadaran bahwa jangan anggap enteng jika terjadi perubahan atau kelainan pada jari Anda karena bisa saja hal tersebut menandakan adanya kondisi kesehatan tertentu yang terjadi dalam tubuh. (RN/RPA/Klikdokter)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: