Porwil Dulongmas 2020, Pertandingan Sejumlah Cabor Digelar di Luar Daerah

Porwil Dulongmas 2020, Pertandingan Sejumlah Cabor Digelar di Luar Daerah

GENJOT PERSIAPAN - KONI Kota Pekalongan terus menggenjot persiapan sebagai tuan rumah Porwil Dulongmas tahun 2020 yang akan dilaksanakan akhir tahun mendatang. M. AINUL ATHO

KOTA - KONI Kota Pekalongan terus mematangkan persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Dulongmas tahun 2020. Salah satunya terkait venue pelaksanaan beberapa pertandingan cabang olahraga yang rencananya akan dilaksanakan di luar daerah. Dalam rapat terakhir bersama KONI 'tetangga' yaitu Kabupaten Batang, Pemalang, dan Kabupaten Pekalongan, sudah ada gamabaran cabor yang pertandingannya dilaksanakan di beberapa daerah tersebut.

Sekretaris KONI Kota Pekalongan, Taufan Adestia, dalam paparannya saat rapat persiapan Porwil Dulongmas, Senin (6/1/2020) malam mengungkapkan, sudah ada usulan dan masukan dari KONI masing-masing daerah. Namun sampai saat ini, usulan dan masukan tersebut masih menjadi bahan pertimbangan tuan rumah

Taufan menyebutkan, KONI Kabupaten Batang sudah menawarkan venue beberapa cabor yakni untuk pertandingan cabor petang, paralayang, panjat tebing, selam dan renang. Sedangkan KONI Kabupaten Pekalongan, menawarkan venue untuk cabor yongmodo, arung jeram, dayung dan balap sepeda. KONI Kabupaten Pemalang, menawarkan venue cabor atletik.

"KONI Batang sudah menawarkan venue untuk lima cabor tapi masih ada pertimbangan seperti panjat tebing. Apakah akan dilaksanakan di Kota Pekalongan atau Batang. Kemudian untuk Pemalang, baru sebagai masukan bahwa mereka memiliki lintasan atletik sintetis namun hanya memiliki 6 track. Sedangkan standarnya 8 track," jelas Taufan.

Kota Pekalongan, tambahnya, masih mempertimbangkan apakah seluruh cabor atletik digelar di Pemalang atau hanya khusus nomor lari atau beberapa nomor dalam atletik yang digelar di sana. "Karena masukan dari KONI peserta Porwil Dulongmas, kalau bisa untuk lari menggunakan lintasan sintetis dan hanya Pemalang yang punya. Jadi apakah hanya nomor lari digelar di sana lainnya tetap di sini, atau seluruhnya digelar di sana," tambahnya.

Kemudian untuk KONI Kabupaten Pekalongan, juga menawarkan sejumlah tempat yang representatif untuk menggelar pertandingan cabor beladiri. "Salah satunya yang ditawarkan adalah di IBC. Di sana ada tempat yang cukup luas di bagian belakang yang dapat digunakan. Semuanya masih menjadi masukan dan nanti akan dirapatkan kembali," katanya.

Mengenai jumlah cabor yang akan digelar dalam Porwil Dulongmas, Taufan mengatakan bahwa masih ada beberapa cabor yang bisa ditambah atau dikurangi. Karena beberapa cabor belum memenuhi syarat seperti dansa yang sejauh ini baru ada dua kabupaten kota, kemudian senam yang sejauh ini juga belum ada komunikasi lanjutan untuk persiapan.

"Bisa jadi jumlah cabor akan berkurang. Nanti akan diundang kembali seluruh cabor untuk persiapan petunjuk pelaksanaan dan teknisnya sehingga bisa diketahui mana cabor yang siap dan mana yang tidak," tandasnya.

Ketua KONI Kota Pekalongan, Mochammad C Maretan menambahkan, dalam waktu dekat KONI akan menggelar audiensi dengan wali kota Pekalongan untuk melaporkan progres persiapan yang sudah berjalan. Maretan berharap, seluruh pengurus dan cabor agar benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah karena menyangkut nama baik Kota Pekalongan. Sehingga dia ingin agar pelaksanaan Porwil Dulongmas di Kota Pekalongan dapat sukses baik secara penyelenggaraan maupun prestasi.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: