Pasar Pagi Kaliwungu Ditarget Rampung Tahun Ini

Pasar Pagi Kaliwungu Ditarget Rampung Tahun Ini

*Progres Pekerjaan Sudah 40 Persen

CAPAI - Pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu sudah mencapai 40 persen.

KENDAL - Pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu ditargetkan bisa selesai di tahun ini, sehingga pedagang bisa secepatnya menempati. Saat ini, progres proyek milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu sudah mencapai 40 persen.

"Targetnya tahun ini kelar, dari pengerjaan pertengahan tahun sejak mulai dibangun tahun kemarin," kata Ketua Tim Teknis DED (Detail Engineering Design) Pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu DPUR Kendal, Sugiyono, Rabu (5/2).

Seperti diketahui, sebelumnya Pasar Pagi Kaliwungu terbakar pada Juli 2017 silam, sehingga diusulkan pembanguannya kembali. Adapun pembangunanya menelan dana hingga Rp 34,678 miliar, yang bersumber dari APBN.

Diungkapkan, pembangunan Pasar Pagi Kaliwungu itu tak akan mengubah kearifan lokal yang ada. Dengan kondisi cuaca yang mendukung, sehingga diberharapkan bangunan seluas 9.900 meter persegi di atas lahan seluas 16.035 meter persegi itu bisa selesai sesuai target. Selain kelayakan kios, beberapa fasilitas tambahan seperti musala, instalasi pengelolaan limbah dan MCK, hingga lahan parkir pun turut jadi perhatian utama.

"Pasar ini bisa menampung 1.048 pedagang, terdiri dari 184 kios dan 864 los. Selama pembangunan, para pedagang menempati relokasi pasar sementara yang dibangun dari APBD Kendal senilai Rp 700 juta," jelas Sugiyono.

Kepala Dinas Perdagangan Kendal, Subaedi mengatakan, UKL-UPL (Upaya Kelola Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup) sudah beres. Akhir Februari, pihaknya akan mengumpulkan sejumlah paguyuban pedagang untuk diberikan edukasi. Ia memastikan semua pedagang yang sebelumnya sudah berjualan di dalam pasar akan tercover dalam bangunan pasar yang baru. "Belum ada penambahan atau pengurangan data pedagang yang bakal menempati pasar tersebut," katanya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: