Alami Kecelakaan Laut, Mukolik Akhirnya Selamat

Alami Kecelakaan Laut, Mukolik Akhirnya Selamat

*DKP-Baznas Hadir Berikan Bantuan

KENDAL - Mukolik, seorang nelayan warga Korowelang Kulon, Kecamatan Cepiring, mengalami kecelakaan kerja saat mencari ikan di laut. Beruntung sampai tak merenggut nyawanya. Akibat peristiwa itu, nelayan yang kini istrinya tengah mengandung delapan bulan itu tak lagi bisa bekerja mencari nafkah sementara di laut dan harus menjalani pengobatan hingga sembuh.

Mukolik pun menceritakan musibah yang menimpanya, bahwa kecelakaan itu terjadi saat perahunya tengah berada di muara Birusari. Saat itu ia mengaku akan memanggil temanya menggunakan jamper. Namun naas, jampernya tertahan menyangkut di couple. Peristiwa itu membuat kakinya terpeleset hingga kepala nyaris masuk ke roda mesin. Beruntung, mesin perahu langsung mati sehingga musibah itu sampai tak merenggut nyawanya.

"Syukur selamat. Ndak bisa bayangkan kalau mesinya tidak mati, posisi kepala nyaris masuk keroda mesin usai kaki terpleset. Kejadiannya saat perahu mau masuk muara di wilayah Mbirusari," ungkapnya.

Mengetahui kabar ini, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal gandeng Baznas hadir memberikan bantuan berupa uang untuk melakukan pengobatan. Bantuan itu diserahkan oleh Kepala DKP Kendal kepada nelayan yang tertimpa musibah tersebut, Rabu (23/11/2022) di kantor DKP Kendal.

Kepala DKP Kendal, Hudi Sambodo, menyampaikan keprihatiannya atas musibah yang menimpa Mukolik saat bekerja mencari ikan laut berada di wilayah Mbirusari.

"Pemerintah Kabupaten Kendal berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat, termasuk nelayan saat ada musibah seperti ini, semoga Mas Mukolik bisa segera pulih kembali, dan bantuan berupa uang sebesar Rp3 juta ini dapat bermanfaat untuk membatu perawatan," kata Hudi Sambodo.

Selain Mukhlolik, bantuan juga diserahkan kepada keluarga dari almarhum Bejo, seorang nelayan yang meninggal saat mencari ikan laut di wilayah Rowosari.

Sementara itu, Mukolik menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kendal dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, yang sudah memberikan bantuan. "Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal, melalui DKP Kendal yang sudah perhatian kepada masyarakat nelayan. Pastinya bantuan ini sangatlah bermanfaat bagi saya untuk biaya perawatan," kata Mukholik.

Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kendal, Triono yang hadir dalam penyerahan bantuan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh DKP Kendal yang peduli terhadap nelayan di Kabupaten Kendal yang tertimpa musibah.

"Terima kasih Pemkab Kendal, dan DKP Kendal yang sudah hadir di tengah-tengah masyarakat nelayan. semoga bantuan yang diberikan bermanfaat untuk membatu kesembuhan Mukolik," katanya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: